Toyota Bikin Ribuan Pengguna Rush Tersenyum Lagi

Toyota All New Rush 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Salah satu fitur keselematan standar yang disematkan di mobil-mobil baru adalah airbag, atau kantung udara. Sesuai namanya, komponen ini akan mengembang seperti balon, ketika mobil mengalami benturan keras.

Komponen ini juga sudah menjadi perangkat standar pada mobil low sport utility vehicle atau LSUV all new  Toyota Rush. Untuk perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpangnya, jumlahnya ada enam airbag di kabin.

Dari enam yang dipasang, sempat ditemukan masalah pada bagian side curtain airbag. PT Toyota Astra Motor bergerak cepat, menarik kembali unit yang sudah ada di tangan pelanggan, guna dilakukan perbaikan.

Hasilnya, kata Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, sampai dengan minggu pertama Desember 2019, jumlah kendaraan yang mengikuti kampanye perbaikan tersebut mencapai 72 persen atau sekitar 45 ribu unit.

Baca juga: Harga Avanza dan Rush Naik Rp4-5 Juta

"Rasanya enggak akan selesai akhir tahun. Tetapi kalau dihitung waktu, dari pertama kami informasikan bulan Agustus 2019, cukup cepat dibandingkan recall yang lain," ujarnya di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Anton mengatakan, diperkirakan kampanye untuk normalisasi perangkat airbag Toyota Rush model baru itu bisa selesai pada tahun depan. Cepatnya proses tersebut, karena konsumen sangat peduli dengan kendaraannya.

Selain itu, mobil-mobil Rush kebanyakan masih dipegang oleh pemilik pertama, jadi mudah bagi TAM dibantu dengan diler-diler di seluruh Indonesia, untuk menjalankan kampanye perbaikan itu.

"Mudah-mudahan bisa selesai tahun depan karena sisanya ini lebih banyak yang didaerah, Jakarta juga ada. Biasanya yang penggunanya perusahaan buat operasional mereka, jadi butuh waktu,” kata Anton.