Daihatsu Enggak Mau Mimpi Jadi Merek Terlaris di Indonesia

Logo Daihatsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Akhir tahun lalu merupakan sebuah masa yang istimewa bagi PT Astra Daihatsu Motor. Agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia itu, berhasil mempertahankan posisi dua merek mobil terlaris di Tanah Air.

Artinya, mereka sudah 11 kali menempati posisi tersebut. Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, berkiprah di dunia otomotif ibarat olahraga.

“Otomotif itu ibarat tinju, mempertahankan gelar lebih susah ketimbang meraihnya,” ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Wanita yang akrab disapa Amel itu menjelaskan, awal tahun ini ADM memulai bisnis dengan sebuah masalah. Yakni, ada kendala dalam proses produksi.

Baca Juga: Pedagang Mobil Bekas Ogah Lirik Merek-merek Ini

“Ada vendor kami yang kebanjiran, di Bekasi. Mereka memproduksi lining. Pabriknya terendam sampai atap. Mereka baru bisa kembali produksi pada 9 Januari,” tuturnya.

Meski demikian, ia mengtakan bahwa proses produksi tidak akan terganggu. Sebab, para pekerja di pabrik sudah berkomitmen untuk mengejar ketertinggalan pada akhir Januari 2020.

“Optimis mengejar kekurangan, dari tanggal 6-8 di bulan ini. Akhir bulan, kekurangannya dipenuhi,” ungkapnya.

Sementara itu, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, Daihatsu tidak pernah bermimpi jadi merek mobil paling laris, yang saat ini posisinya dipegang oleh Toyota.

“Toyota sekian puluh tahun posisi satu, baik di Indonesia maupun dunia, sebagai pembuat dan penjual mobil terbanyak. Kami tidak pernah punya keinginan untuk jadi nomor satu,” ujar Hendrayadi.

“Kami punya strategi yang saling melengkapi. Toyota bagian dari Daihatsu, dan Daihatsu jadi bagian dari Toyota,” kata dia menambahkan.