Terlalu Ceper, Mobil Ini Kayak Jalan Tanpa Roda

Mobil Lada Niva yang dimodifikasi
Sumber :
  • Screenshot Youtube Iling Show

VIVA – Saat merancang sebuah kendaraan, pabrikan otomotif mempertimbangkan banyak hal, termasuk kenyamanan dan tampilannya. Sebab, dua hal ini menjadi pertimbangan saat konsumen hendak membelinya.

Namun, tak semua pemilik puas akan kendaraan yang dimilikinya. Sehingga, harus memodifikasi mobilnya agar memiliki tampilan dan gaya berbeda, dari mobil standar pabrik.

Salah satu contoh modifikasi ekstrem dilakukan pada lada Niva. Mobil Rusia tersebut dibuat sangat rendah (ceper) dibandingkan versi standarnya. Saat dikemudikan, bodinya seperti langsung besentuhan dengan jalanan.

Melansir dari Carscoops, Selasa 21 Januari 2020, mobil yang digarap itu sebenarnya kendaraan offroad. Kondisinya sudah terlantar, lalu dibuat lebih ceper dibandingkan aslinya.

Baca juga: Diler ini Jual Sedan Baru, Tapi Kok Bodinya Sudah Karatan

Membuat Lada Niva menjadi ceper bukanlah perkara mudah. Bodi dan bagian kaki-kaki mobil harus dipotong, sehingga tampilannya terlihat menyentuh jalanan.

Bagian roda dirancang sedemikian rupa agar bisa masuk ke dalam bodi mobil. Dengan ground clearance yang rendah, posisi mesin pun terlihat berada di atas kap mesin.

Meski sangat ceper, rekaman gambar yang diunggah memperlihatkan mobil bisa dikemudikan. Namun, posisi duduknya tidak lagi seperti mobil berpenggerak 4x4.