Canggih Kayak Tesla, Harga Mobil Baru Ini Lebih Murah dari HR-V

MG ZS EV
Sumber :
  • Dok: MG

VIVA – Menurut pakar Feng Shui, jenis kendaraan yang bakal jadi tren di Tahun Tikus Logam bakal mengusung teknologi canggih. Contohnya, seperti yang hadir pada mobil listrik Tesla.

Selain digerakkan oleh energi yang bebas emisi, kendaraan tersebut juga dibekali banyak fitur keren. Mulai dari bisa mengemudi secara otomatis, hingga dioperasikan dari jarak jauh.

Sayangnya, uang yang dibutuhkan untuk menebus mobil tersebut tidak sedikit. Di Indonesia, versi paling murah dari Tesla dibanderol lebih dari Rp1 miliar.

Hal ini dimanfaatkan oleh pabrikan lain, untuk menawarkan produk yang tidak kalah canggih namun harganya lebih terjangkau. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh MG.

Baca Juga: Moge Bakal Punya SIM Khusus, Kapan?

Dilansir dari Motoroids, Kamis 30 Januari 2020, pabrikan asal Inggris yang kini jadi bagian dari grup perusahaan otomotif China itu baru saja meluncurkan model ZS EV.

Mengusung bentuk sport utility vehicle atau SUV, mobil ini adalah varian kendaraan listrik dari seri ZS yang sudah lebih dulu dihadirkan. Pesaing utama seri tersebut, mulai dari Honda HR-V hingga Nissan Kicks.

Dibekali dengan dinamo dengan kemampuan menghasilkan tenaga 143 daya kuda dan torsi 353 Newton meter, ZS EV dapat menempuh jarak 340 kilometer dalam satu kali cas.

Jika memakai sistem pengecasan cepat, baterai bisa diisi hingga 80 persen dalam waktu 50 menit. Apabila diisi menggunakan jaringan listrik rumah, maka perlu menunggu hingga 5-6 jam.

Tidak mau kalah dari Tesla, MG menyematkan layar LCD 20 inci yang bisa menampilkan berbagai informasi. Sistem komputer dapat terhubung ke dunia maya maupun perangkat elektronik di mobil.

Pengemudi bisa memantau tekanan ban, mengoperasikan mesin dan pendingin kabin dari jarak jauh, melihat peta, hingga memberi perintah menggunakan suara.

Soal harga, MG menawarkan ZS EV dengan banderol 2,08 juta Rupee, atau sekitar Rp400 juta. Harga tersebut lebih murah dari Honda HR-V seri 1.8L, yang di Indonesia dijual dalam kondisi baru Rp415,7 juta.