Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 11 Februari 2020 | 18:48 WIB

Mekanik Buka Praktik Sendiri, Ancaman Buat Bengkel Resmi?

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Pekerja Indonesia di bengkel Daihatsu Sigha Jepang

VIVA – Saat terjun ke dalam bisnis otomotif, salah satu kunci utama kesuksesan adalah memiliki sumber daya manusia yang cakap dan terampil. Termasuk, pada lini pelayanan purna jual.

Kemampuan mekanik dalam melakukan perawatan dan melakukan diagnosa kerusakan, sangat menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Untuk dapat melakukan itu, biasanya agen pemegang merek mengucurkan investasi besar dalam bentuk pelatihan.

Baca Juga

Namun, tidak jarang ada montir yang sudah dibekali dengan kemampuan tinggi, mengundurkan diri dan memilih untuk membuka bisnis sendiri. Umumnya, hal itu dilakukan oleh mereka yang sudah lama bekerja dan mendapat banyak pengalaman.

Meski hal itu umum terjadi, namun Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengaku tidak khawatir.

Terpopuler

Baca juga: Diler Honda Jual Motor Lebih Mahal dari Harga Resmi

Sebab, ilmu yang mereka bawa pergi itu dianggap tidak maksimal apabila dipraktikkan di luar lingkup bengkel Daihatsu.

“Mungkin mereka punya keahlian waktu itu, seperti yang sudah diajarkan oleh Daihatsu. Tetapi, waktu mereka keluar belum tentu punya modal yang kuat untuk memenuhi standarisasi yg kami miliki,” ujarnya di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

Menurut Hendrayadi, mungkin saja teknisi tersebut bisa membuka praktik bengkel sendiri. Tapi, ia yakin bahwa mereka tidak akan bisa mengikuti perkembangan teknologinya.

“Ada produk baru, teknologi baru. Kalau mereka resign dan bangun bisnis sendiri, belum tentu mereka bisa berkembang. Untuk sesaat, mungkin mereka punya potensi yang sama. Tapi, berapa lama bisa bertahan?” tuturnya.

Sebagai informasi, PT Astra Daihatsu Motor baru saja menggelar Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, yakni ajang adu kemampuan para teknisi terbaik mereka.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan teknisi, agar dapat memberi kepuasan pelanggan dari segi pelayanan, hingga kualitas pengerjaan. Pemenangnya mendapat medali, piala, perjalanan ke Jepang, dan ikut ke acara International Technical Skill Contest 2021.

“Kami berharap, motivasi dan kemampuan teknisi semakin meningkat, untuk mencapai kualitas pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan Daihatsu”, ujar Technical Service Division Head ADM, Anjar Rosjadi.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Review Fitur Daihatsu Grand New Xenia 2019, Apa Kelebihanya?
OTOMOTIF - sekitar 1 tahun lalu