Punya Harta Rp200 M, Ini Koleksi Mobil Komut BNI Agus Martowardojo

Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Agus Martowardojo ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menjadi Komisaris Utama Bank Negara Indonesia atau BNI. Ia dipilih, usai digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham kemarin.

Sebelum menjadi Komut BNI, nama Agus dikenal sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013 hingga 2018. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda itu juga pernah membantu mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai Menteri Keuangan.

Kiprahnya di dunia perbankan sudah tidak diragukan lagi. Sebelum mengurus BNI, Agus pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Bank Mandiri dan Direktur Utama Bank Permata.

Sesuai dengan bidang yang ia geluti, pria kelahiran 1956 itu juga memiliki kekayaan yang cukup banyak. Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi, dikutip Jumat 21 Februari 2020, Agus diketahui punya harta sebanyak Rp202,9 miliar.

Dari jumlah sebanyak itu, sekitar Rp38 miliar adalah dalam bentuk tanah dan bangunan. Total ada sembilan tanah yang ia miliki, lima di Jakarta Selatan, dua di Tangerang Selatan, satu di Yogyakarta, dan satu di Australia.

Kemudian, ia juga memiliki empat mobil pribadi yang disimpan di garasi rumahnya. Seluruh kendaraan itu masuk dalam kategori mewah. Ada tiga unit yang merupakan merek asal Jerman, dan satu dari Jepang. Berikut daftarnya:

Sedan Mercedes-Benz S280 tahun 2005, Rp200 juta

SUV BMW tahun 2012, Rp775 juta

SUV Toyota Fortuner tahun 2018, Rp500 juta

Sedan Mercedes-Benz S400 Exclusive 2017, Rp2 miliar