Ini yang Paling Sulit Saat Bikin Motor Custom Jokowi

Presiden Jokowi touring naik motor custom
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA – Sepeda motor custom kedua milik Presiden Joko Widodo kembali menjadi sorotan. Tunggangan yang dibangun dari Kawasaki W175 itu mengusung gaya chopper bobber. Motor garapan Katros Garage itu pertama diperlihatkan saat Jokowi berkeliling Kota Tangerang.

Builder dari Katros Garage, Andi Akbar mengatakan saat membangun motor pesanan Jokowi itu diakui mengalami kesulitan. Alasannya untuk gaya tunggangan sangat penting menyesuaikan postur tubuh.

“Proses paling sulit karena aliran chopper bobber itu menyesuaikan postur badan pemiliknya, jadi kalau orang yang postur badannya tidak sesuai dengan motornya pasti bilang tidak nyaman,” ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Senin 5 November 2018.

Namun menurut dia, tak mungkin rasanya seorang kepala negara datang ke bengkel untuk berkomunikasi perihal gaya custom yang diinginkan. Padahal, pemilik dan builder dinilainya harus berinteraksi langsung. 

“Jadi kesulitannya di situ, builder sama pemilik harusnya ngobrol langsung dan menyesuaikan postur badan,” tuturnya.

Alhasil untuk memudahkan proses itu, pihaknya menghubungi pihak Istana untuk mengetahui postur tinggi sang pemimpin negara tersebut. Karena tingginya 170 sentimeter, maka pria yang akrab disapa Atenx itu mengandalkan temannya dengan alasan memiliki postur sama.

“Tentu sisi ergonomi dan durabilitas diperhitungkan menyesuaikan desain yang dipilih. Sampai saya minta teman yang tingginya sama dengan Bapak (Jokowi), untuk duduk dan ngerasain apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum,” ungkapnya.

Dia mengatakan, proses custom memakan waktu dua bulan terhitung dari model yang pertama kali dibuat dengan gaya tracker. Setang diubah, karena tracker posturnya tinggi jadi setangnya tinggi dan konsep ini lebih pendek jadi posisi duduk turun setang pakai model datar.

“Sasis belakang kami rombak lagi jadinya. Kalau dari kaki-kaki hampir sama kaya yang kemarin, velg, ban, suspensi depan. Hanya belakang saja shock breaker jadi rigid. Tapi bodi-bodi semuanya kami buat ulang, mulai dari tangki, jok, spakboar depan belakang, dan cover lampu handmade,” kata dia.

Berikut data modifikasi motor custom Jokowi:

Velg depan: Aluminium 300/16
Velg belakang: Aluminium 350/16
Fork depan : Up-side down Xabre 
Ban depan/belakang: 500/16
Lampu depan : LED 5,75 inch
Lampu sein : Aftermarket
Lampu stop : Aftermarket
Stang: Drag bar
Spion: Aftermarket
Tangki: Plat galvanis 1,2 mm
Spakbor depan/belakang: Plat galvanis 1,2 mm
Cover bodi samping : Plat galvanis 1,2 mm
Jok : Kulit sintetis hitam
Knalpot : Custom full stainless