Wow, Vespa Raksasa Ini Biaya Bikinnya sampai Ratusan Juta Rupiah

Vespa raksasa milik Dayan
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Bagi pecinta Vespa mungkin sangat tertarik jika melihat bentuk skuter asal Italia tersebut dalam bentuk raksasa. Nah di Indonesia baru ada satu orang kreator, yang menciptakan skuter ini dalam dimensi sangat besar.

Vespa raksasa garapan Dayan, pemilik Ghiezart Studio ini sengaja dibuat untuk menyalurkan hobinya dengan skuter asal Negeri Pizza tersebut. Motor itu dibuat hanya satu unit dengan dimensi tiga kali lipat lebih besar dari motor aslinya.

“Saya terinspirasi dari model Vespa Sprint Veloce 1974, biasanya orang bilang Vespa Bagol. Secara visual, transisi antara model tua dan muda, bodinya masih bulat jadi bagus saja. Dan harga asli motornya juga mahal,” ujarnya kepada VIVA di Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Sabtu 22 Desember 2018.

Dia menambahkan, bahan baku untuk membuat skuter gambot tersebut macam-macam. Untuk bodi secara keseluruhan terbuat dari fiber, sedangkan kontruksi atau rangka utamanya terbuat dari besi. Sementara ban terbuat dari karet yang dicetak ulang.

“Model awalnya pakai styrofoam dulu, habis itu saya cetak pakai fiberglass (bodi). Baru satu unit saja jadi belum produksi massal. Biayanya habis Rp120 juta, belum termasuk cat, untuk ongkos penyewaan Rp25 juta biasanya di acara otomotif,” tuturnya.

Skuter raksasa ini memiliki bentuk yang profesional mirip aslinya dengan panjang 5,8 meter dan tinggi 3 meter, waktu pengerjaannya hampir satu semester alias enam bulan. Sejak 2017 patung Vespa ini sempat hadir di acara Big Bang di JIExpo Kemayoran, dan mendapat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). (ren)