Tren Modifikasi Mobil 2019: Sederhana dan Elegan

Acara modifikasi MAXI Auto Modfest 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Modifikasi masih menjadi salah satu hobi masyarakat Indonesia. Baik bagi mereka yang memiliki kendaraan beroda dua maupun empat. Umumnya, ubahan dilakukan karena ingin tampil berbeda dari kendaraan standar yag dibuat oleh pabrikan.

Sama seperti hobi lainnya, modifikasi juga memiliki tren. Mulai dari memendekkan per hingga bodi nyaris menyentuh aspal, hingga memasang komponen canggih di dalam kabinnya.

Namun, hal itu tidak terlihat di acara MAXI Auto Modfest 2018, yang digelar oleh komunitas Modifikasi Avanza Xenia Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 22-23 Desember 2018.

Menurut Ketua Panitia MAXI Auto Modfest, Sarwan, tren modifikasi tahun ini didominasi oleh gaya sederhana dan elegan.

“"Kontestan beragam, tapi yang paling menonjol kali ini rata-rata bergaya elegan dan static," ujarnya di lokasi, Minggu 23 Desember 2018.

Sarwan menjelaskan, yang dimaksud dengan static adalah sebuah modifikasi yang tidak terlalu ekstrem, sehingga masih layak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Selain kontes modifikasi yang diikuti 40 peserta, pada acara tersebut juga digelar kompetisi audio mobil, yang jumlah pesertanya sekitar 80 orang.

Menurut Sarwan, tren ini diprediksi akan masih diminati di 2019. Sementara, penggunaan komponen ekstrem seperti suspensi udara, mulai dijauhi oleh para pemilik mobil yang masih menggunakan kendaraannya untuk beraktivitas sehari-hari.

Air suspension itu kan risikonya gede, tabung bisa saja pecah dan lain-lain,” tuturnya.