Produk Aftermarket Lokal Siap Rambah Pasar Dunia

Mobil Modifikasi Tahun Ini di Surabaya
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA

VIVA – Produk-produk otomotif Indonesia mulai merambah pasar dunia. Bukan hanya dalam bentuk jadi ataupun komponen orisinal pabrikan, perangkat modifikasi juga banyak dilirik oleh masyarakat luar negeri.

Tahun ini, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) kembali menjalankan gerakan Great of Indonesia seperti tahun sebelumnya. Great of Indonesia merupakan gerakan untuk memperkenalkan produk-produk aftermarket Indonesia ke kancah internasional melalui pameran-pameran modifikasi di luar negeri, seperti Osaka Automesse (OAM) yang berlangsung pada 9-11 Februari 2019 mendatang, di Gedung Intex Osaka, Jepang.

Founder NMAA sekaligus penggagas pameran otomotif Indonesia Modification Expo (IMX), Andre Mulyadi mengatakan, Osaka Automesse, akan menjadi mercusuar bisnis merek-merek aftermarket Indonesia yang berpartisipasi.

"Artinya jika produk aftermarket Indonesia diterima pasar Jepang, berarti kualitasnya diakui," ucap Andre saat konferensi pers di Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Andre mengatakan, sebagai salah satu kiblat modifikasi dunia, Jepang memiliki kontrol kualitas yang tinggi terhadap sebuah produk aftermarket. "Kesempatan menaikkan kuantitas penjualan di dalam negeri serta peningkatan ekspor produk lokal pun menjadi lebih besar,” tuturnya.

Beberapa produk aftermarket asli Indonesia akan ikut serta berpameran di OAM, yakni KARMA Body Kit, spesialis lampu custom Yoong Motor, suspensi udara Air Pride, dan juga cover mobil custom BitelBlack. Keempat merek itu akan memperkenalkan serta memasarkannya untuk pasar Jepang. (kwo)