Melihat Kerennya Taksi di Thailand, Banyak yang Dimodifikasi

Taksi di Thailand yang banyak dimodifikasi.
Sumber :
  • VIVA/Pius

VIVA – Modifikasi mobil bukan hanya dilakukan pada kendaraan pribadi, tetapi juga untuk angkutan penumpang umum. Hal ini banyak terlihat di negara tetangga, Thailand. Kendaraan untuk mengangkut penumpang tidak melulu berwajah standar.

Pengamatan VIVA selama berada di Negeri Gajah Putih, banyak sekali mobil travel, taksi, serta Tuk Tuk yang terlihat keren dengan modifikasi di bagian eksterior dan interiornya. Untuk mobil travel, Toyota Hi-Ace menjadi yang paling banyak dipakai, mulai dari bandara, hotel, maupun di tempat wisata.

Jika di Indonesia mobil rental yang menggunakan Toyota Hi-Ace dirancang untuk menampung hingga 14 penumpang, maka di Thailand, mobil dengan bodi bongsor ini dirancang hanya menggunakan sembilan kursi untuk penumpang belakang dan satu kursi untuk penumpang depan.

Meski dipakai sebagai angkutan umum, modifikasi eksterior tetap dilakukan, mulai dari menurunkan ketinggian mobil (dibuat ceper), memakai bodykit, mengganti pelek dengan diamater lebih besar, serta menggunakan lampu standar dengan LED. Masuk ke dalam kabin, maka akan terlihat plafon yang sudah dimodifikasi, jok berlapis semi kulit, serta sistem audio mirip mobil kontes.

Modifikasi juga banyak terlihat pada taksi-taksi di Thailand, seperti mengganti pelek, memakai bodykit dan menggunakan knalpot racing. Sementara interiornya rata-rata masih dipertahankan standar. Tak mau kalah dengan mobil Travel maupun taksi, Tuk Tuk yang menjadi transportasi khas di Thailand juga banyak yang sudah tidak standar.

Kendaraan bermotor roda tiga ini banyak yang sudah diganti menggunakan mesin motor berkapasitas 650cc, menggunakan pelek mobil untuk dua roda belakang, serta cat dan aksesori yang warna-warni. (yns)