Pakai Mesin Kijang, Motor Custom Buatan Bogor Ini Dilego Rp70 Juta

Motor custom bermesin mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Motor custom terkenal dengan ubahan ekstrem, karena semua komponennya dibuat sendiri. Bahkan, ada juga yang menggunakan mesin mobil, seperti motor custom garapan bengkel Bokor Custom di Bogor, Gunung Sindur, Jawa Barat.

Motor custom bermesin Toyota Kijang tersebut, mengusung gaya Cafe Racer. Bonyok sebagai pemilik dan builder, mengaku kesulitan dalam proses pembuatan. Namun setelah jadi, motor custom tersebut dijual jika ada yang berminat.

“Saya memang jual motor itu, buka harganya Rp70 juta. Biaya yang saya keluarkan buat bangun motor itu hampir Rp55 juta,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 13 Februari 2019.

Sambung dia, proses pengerjaan motor tersebut memakan waktu satu tahun. Karena terbentur oleh biaya, maka ada beberapa pembuatan komponen tertunda. Motor tersebut menggunakan mesin Kijang lansiran 1978, berkapasitas 1.300cc.

“Mesinnya Kijang Buaya tahun 1978. Waktu itu, saya belinya satu unit sama mobilnya. Saya ambil surat-surat dan nomor rangkanya. Jadi, kalau orang beli, saya beri STNK dan BPKB mobil. Pajaknya mati 2016,” tuturnya.

Lanjut dia, kesulitan meracik motor tersebut adalah saat mengubah transmisi. "Awalnya manual, saya ubah semi matik. Jadi, gardan enggak ada, gir depan dan belakang saja. Kopling dilepas, motor langsung jalan,” jelasnya.