Sangarnya Mobil Rifat Sungkar, Dirombak Total

Rifat Sungkar Ikuti Rally Amerika
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Pembalap nasional yang kini menjadi Duta Keselamatan Lalu Lintas, Rifat Sungkar, Minggu 3 Maret 2019, mencoba lintasan drifting yang disediakan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat. Rifat nampak menggunakan mobil Pajero Sport tipe Dakar untuk beraksi.

Mobil yang berbekal transmisi delapan-kecepatan otomatis itu dibawa melaju dengan kecepatan tinggi, dengan sesekali melakukan atraksi berkelak-kelok layaknya sedang menari.

Rifat mengaku, melakukan drifting dengan mobil selain sedan selalu menantang, karena beban mobil cenderung lebih berat. Pajero Sport Dakar yang dipakai Rifat dikatakan sudah melalui banyak perombakan. Bahkan bisa dikatakan, pengubahan mobil dilakukan secara total.

Aktor di balik modifikasi Pajero Sport Dakar, sekaligus mekanik yang tergabung dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI), Pucil mengatakan, bahwa perombakan utama terjadi di radiator, dengan memindahkannya ke bagian belakang mobil. Selain itu ruang kabin juga diubah tanpa menyisakan ciri bawaan pabrik.

"Semua yang punya beban berat, sebisa mungkin kita ganti. Untuk keperluan drift, makin ringan makin nyaman," ungkapnya, pada acara Millenial Road Safety Festival, Minggu 3 Maret 2019.

Pucil juga menambahkan, bahwa untuk memugar mobil jadi tampilan drift, diperlukan biaya tak sedikit. Bahkan untuk tingkat dasar, biayanya ada di kisaran Rp50 sampai Rp150 juta.

Disinggung soal harga modifikasi Pajero Sport Dakar miliknya, ia hanya tertawa. Sedikit malu-malu, ia mengatakan bahwa ongkosnya dua kali harga beli mobil.

"Estimasinya sekitar Rp1 sampai Rp1,2 miliar," ungkap Rifat sambil setengah tertawa.

Perlu diketahui, untuk varian termurah, Pajero Sport jenis Drakar berada di angka Rp531juta. Atau separuh dari total harga modifikasi. (ren)