Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 9 Mei 2019 | 12:59 WIB

Cerita Penggila Honda Civic, Edisi Terbatas Dirombak Ala Mugen

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • VIVA/Jeffry Yanto
Modifikasi Honda Civic EK3

VIVA – Sekilas, tampilan Honda Civic hatchback milik Faisal Harahap ini terlihat standar pabrikan. Padahal, mobil lansiran 1997 silam tersebut telah dimodifkasi, dan menelan biaya hingga ratusan juta rupiah.

“Total biayanya Rp200-300 juta, di luar harga mobil,” ujarnya kepada VIVA, Kamis 9 Mei 2019.

Baca Juga

Tingginya biaya modifikasi, sesuai dengan hasil yang didapat. Hampir semua komponen atau aksesori Civic EK3 tersebut, asli merek Mugen yang sudah langka di pasaran. Untuk mendapatkannya, ia harus terbang ke Malaysia.

“Suspensi depan belakang, pelek, selang rem Mugen, kaliper Spoon dua piston, sunroof bawaan orisinal. Setir Mugen, speedometer Mugen EK3 harga Rp40 jutaan, jok Recaro EK9,” tuturnya.

Terpopuler

Selain modifikasi eksterior, kaki-kaki, dan interior, pria asal Medan itu juga mengganti mesin standar dengan Integra berkode B18C. Spesifikasinya empat silinder berkapasitas 1.800cc, yang mampu menyemburkan tenaga 180 daya kuda.

“Saya dapat mesin ini dari Batam, Rp80 juta. Masih standar Integra 1998, tenaga 180 daya kuda. Saya rasa sudah cukup. Transmisi manual lima percepatan Type-R, intake ganti, saringan udara Mugen,” ungkapnya.

Dia mengatakan, proses modifikasinya memakan waktu satu tahun, karena ada beberapa komponen yang sulit didapat. Sebelumnya, ia memiliki mobil Civic hatchback Estilo.

“Ini Civic EK3 1997 edisi terbatas, yang di Indonesia barangnya agak susah. Mengincar mobil ini sejak tiga tahun lalu. Saya suka mobil ini, karena hatchback dua pintu,” katanya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Dibilang Aneh, Mobil Muka Dua Ini Sering Ditilang
OTOMOTIF - sekitar 1 tahun lalu