Berubah Kodrat, Ketika 3 Skutik PCX Disulap Jadi Berbagai Jenis Motor

Honda Dream Ride 2019.
Sumber :
  • VIVA/Rendra

VIVA – Untuk kesekian kalinya, PT Astra Honda Motor kembali menggelar Honda Dream Ride 2019. Setelah tahun-tahun sebelumnya melibatkan CBR250RR dan CRF250L, pada Honda Dream Ride tahun ini, AHM memilih PCX untuk dijadikan ‘kanvas’ bagi para modifikator untuk menuangkan kreativitasnya.

Ketiga PCX yang disediakan diserahkan pada tiga modifikator pemenang Honda Modif Contest 2018, yakni Muhammad Fiqhi Wahyu Pramana --pemenang kategori National Champion Matic & Cub, Law A San --pemenang kategori National Champion Free For All, dan I Putu Tony Hadi Putra --pemenang kategori National Champion Sport pada gelaran Honda Modif Contest 2018.

Ketiga PCX yang disediakan AHM digarap dengan waktu selama April- Agustus 2019.

Hasil karya modifikasi yang telah selesai digarap para modifikator, kemudian diuji kenyamanan dan keamanan berkendaranya di jalanan Solo, Jawa Tengah pada Senin 26 Agustus 2019.

Dalam pengembangan karya modifikasi ini para modifikator mendapatkan bimbingan supervisi mentor ahli, yakni Masayuki Sugihara dari Luck Motorcycle asal Kyoto-Jepang, Komang Gede Sentana Putra dari Kedux Garage, dan Daisuke Kuriki, tim Honda Motorcycle RnD Center dari Jepang, serta tim Product Development AHM.
 
Pada proses modifikasi Honda PCX, para modifikator diberikan kesempatan untuk berkarya sekaligus memperkaya pengalaman modifikasi sepeda motor melalui pemilihan konsep, desain modifikasi, pemilihan material, schedule timeline pengerjaan, pertimbangan biaya, serta tahap terakhir para modifikator memastikan hasil karyanya aman untuk dikendarai.

Dari ketiga modifikator tersebut, kemudian lahir sederet PCX dengan tampilan berubah kodrat. Pertama yakni PCX bergaya cafe racer garapan Muhammad Fiqhi Wahyu Pramana, lalu PCX bergaya bagger karya Law A San, dan PCX bergaya adventure racikan I Putu Tony Hadi Putra.

Hal paling menarik tentu soal aturan main yang ditetapkan. Yakni para modifikator tersebut tak diperbolehkan memotong sasis maupun mengubah sektor dapur pacu.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh AHM ini merupakan komitmen sekaligus wadah dari perusahaan untuk mendorong modifikator di Tanah Air menghasilkan karya modifikasi yang tetap mengedepankan unsur keselamatan.
 
“Kami ingin mendukung para modifikator Tanah Air untuk dapat menuangkan kreativitas mereka menggunakan skutik Honda PCX. Melalui Honda Dream Ride Project, kami berharap para modifikator dapat menghasilkan karya modifikasi yang berbeda dan memiliki nilai estetika berkelas tinggi yang tetap mengutamakan keselamatan, sehingga hasil karya mereka tetap aman untuk dikendarai,” ujar Andy Wijaya, di Solo, Jawa Tengah.