Keren! PCX Dirombak Bergaya Cafe Racer, Garapan Builder Surabaya

Honda PCX disulap bergaya cafe racer.
Sumber :
  • VIVA/Rendra Saputra

VIVA – PCX 150 dikenal sebagai skutik berdesain ekslusif. Namun siapa sangka, salah satu motor andalan Astra Honda Motor (AHM) ini bisa tampil dalam skema cafe racer.

Ya, adalah Muhammad Fiqhi Wahyu Pramana, builder asal Jawa Timur, yang sukses menyulapnya tampil out off the box. Alhasil, motor kalem itu pun berubah ngeri-ngeri sedap.

Pemenang kategori National Champion Matic & Cub di ajang Honda Modif Contest 2018 itu mengubah PCX dalam tantangan Honda Dream Ride Project 2019, yang digelar AHM. Fiqhi diberikan waktu tiga bulan setengah oleh AHM. Dan hasilnya, seperti demikian.

Menurut Fiqhi, dia tertarik mengubah PCX menjadi cafe racer lantaran belum ada skutik bongsor yang dibangun dalam wujud demikian. Kalaupun ada, hanya sebatas pada bagian buritan saja yang menyerupai cafe racer.

"Saya pilih PCX diubah jadi cafe racer karena matik itu kalau dibikin cafe racer sepertinya asyik juga. Nah, pas saya tanya di media sosial, ternyata banyak orang yang pengen bikin seperti ini. Oke lah akhirnya saya bikin," kata Fiqhi, di media gathering Honda Dream Ride Project 2019, di Tawangmangu, Jawa Tengah, Senin 26 Agustus 2019.

Fiqhi sadar, membangun PCX menjadi sebuah cafe racer bukanlah hal mudah. Apalagi Honda menginginkan motor itu tetap memenuhi unsur keamanan dan kenyamanan, tanpa potong frame dan ubahan teknis seperti dapur pacu.

"Saya tertantang, sebab kalau cuma modif ngubah ban kecil atau ban gede itu tren jadul. Saya mau membuat trendsetter, pengen mem-booming-kan matiklah, biar ramai. Dan terbukti, motor ini sudah banyak yang nanya," katanya lagi.

Bicara soal detail, motor ini dibangun dengan bodi yang di-custom. Sekujur bodi elegan PCX disingkirkan, diganti dengan body work custom (galvanised plate).

Sub frame juga turut mendapat ubahan untuk menyesuaikan bentuk ideal dari konsep skutik cafe racer imajinasinya.

Untuk mendukung tampilan, terjejal berbagai produk aftermarket, mulai dari headlamp daymaker, stoplamp, steering handle, kaki-kaki, jok, sampai ke sektor gas buang alias knalpot.

"Yang pasti harus memenuhi beberapa aspek buat cafe racer. Aspek pertama yakni posisi riding, ada buntut tawon, dan depan ada lampu yang agak membulat. Pokoknya kita ke pakemnya. Karena cafe racer adalah bentuk motor balap zaman dulu, jadi jangan lepas dari beberapa pakem tersebut."

Sementara itu, Ferry Firman, Advisor Marketing Planning Analysis Division AHM mengatakan, pihaknya memang sengaja memilih PCX untuk dijadikan kanvas oleh para builder pemenang HMC 2018 dalam Honda Dream Ride Project 2019.

AHM sadar tren skutik saat ini terus mewabah seiring besarnya permintaan. Maka itu, dibutuhkan referensi bagi para pengguna skutik untuk mengubah tampilan sepeda motornya menjadi tak biasa, namun tetap berpendekatan aspek keamanan dan keselamatan.

"Matik salah satu yang jadi tren, kontribusi penjualan sepeda motor di Indonesia saat ini 80 persennya lahir dari segmen skutik. Kami ingin memperkenalkan atau memberi gambaran pada pengguna PCX, bahwa ada gaya lain yang bisa direpresentasikan dari motor ini pastinya," kata dia.

Ajang ini, lanjutnya, sekaligus jadi tantangan bagaimana kemudahan atau kesulitan membangun PCX atau memodifikasi sesuai dengan selera para builder.

Berikut data spesifikasi PCX cafe racer garapan Fiqhi"

Builder: Mochammad Fiqhi Wahyu Pratama
Advisor: Komang Gde Sentana Putra (Kedux Garage)
Workshop: Ambon Custom, Surabaya

Body: Custom Body Work (Galvanised Plate)
Frame: Custom Sub Frame
FR Tire: Tubeless Tire 110/70, 14 inci, Pirelli Diablo Rosso
RR Tire: Tubeless Tire 150/70, 14 inci, Pirelli Diablo Rosso
Wheels: Spoke Wheels FR 2.50/RR 3.50 14 inci
Headlamp: Daymaker After market
Stoplamp: After Market
Steering handle: After Market
FR Suspension: After Market
RR Suspension: Double Subtank Suspension After Market
Backmirror: End Backmirror After Market
Air Filter: After Market
Panel Meter: After Market
Hand Grip: After Market
Disk Plate: Honda Megapro
Seat: Custom Retro Single Seat
Exhaust System: Custom Silincer and Pipe
Windshield: Custom Cafe Racer.