Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 27 Agustus 2019 | 00:41 WIB

Salah, Ini Bukan Harley: Tapi Honda PCX Dicustom 'Bagger'

Team VIVA »
Rendra Saputra
Foto :
  • VIVA/Rendra Saputra
Honda PCX disulap bergaya bagger.

VIVA – Siapa bilang bagger cuma bisa dimiliki motor asal Milwaukee saja. Buktinya yang satu ini, bagger mini garapan builder asal Indonesia, Hasan Law, yang notabene merupakan pemenang Honda Modif Contest 2018, kategori National Champion Free For All.

Hasan menampilkan bagger yang dibangun dengan basis skutik Honda PCX. Motor ini merupakan karyanya dalam rangka memenuhi tantangan Honda Dream Ride Project 2019.

Baca Juga

Menurut Hasan, dirinya tertarik menyulap PCX menjadi bergaya bagger berkat kegandrungannya akan modif demikian. Untuk mengubah PCX bergaya bagger, Hasan kerap menemui sejumlah kesulitan. Namun akhirnya semua bisa diatasi.

Terpopuler

Kata Hasan, dia hanya diberi waktu tiga bulan setengah untuk mengeksekusi PCX bergaya bagger.

Karyanya tak lahir sendiri, karena dia turut dibimbing supervisi mentor ahli, seperti Masayuki Sugihara dari Luck Motorcycle asal Kyoto-Jepang, Komang Gede Sentana Putra dari Kedux Garage, Daisuke Kuriki dari tim Honda Motorcycle RnD Center dari Jepang, serta tim Product Development Astra Honda Motor.

"Konsepnya ini bagger, waktu yang dikasih sangat ketat, dan inilah hasilnya," kata Hasan, saat media gathering Honda Dream Ride Project, di Tawangmangu, Jawa Tengah, Senin 26 Agustus 2019.

Ia berharap, karyanya ini bisa menginspirasi dan menjadi tren modifikasi skutik ke depan.

Bicara ubahan, ia dituntut untuk membuat motor itu senyaman mungkin tanpa mengubah bagian vital, seperti frame dan dapur pacu. "Kalau project ini kita sudah ada pakem dari HMC, frame enggak pakai dipotong, mesin enggak pakai diubah, jadi kita harus betul-betul bisa membuat motor itu senyaman mungkin."

"Saya akhirnya cari konsep betul yang enak dinaikin, enggak bikin kita susah waktu di jalan, karena yang terpenting keselamatan kita di jalan," tambahnya.

Jika melihat ubahan, hampir sekujur tubuh PCX tanggal, hanya sektor setang dan yang dipertahankan. Sementara bodi, dirombak menggunakan galvanised plate.

Sejumlah peranti pendukung juga terjejal agar kesan bagger menempel kuat, termasuk knalpot free flow yang diadopsinya. "Intinya kenyamanan kita perhitungkan semua, sudah kita hitung masak-masak."

Sementara itu, perwakilan dari AHM, Hapsoro Tities Suwarno mengatakan, pihaknya sangat memberi apresiasi karya Hasan. Dia seakan menabrak stigma PCX yang selama ini hanya dikenal bisa dimodif bergaya touring saja.

"Selama ini modifikasi skutik bongsor selalu berkutat pada sejumlah hal saja. Misal painting, lalu dikasih side box, winshield, bergaya touring, itulah pakemnya yang ada di Indonesia. Nah kini Hasan telah buktikan ada ide aliran baru yang di-explore menjadi menarik," katanya.

"Hasan punya ide luar biasa, sesuai dengan konsep dari event (Honda Dream Ride Project) yang berusaha meng-explore, untuk bisa diwujudkan motor modifikasi, dan menciptakan inspirasi tren ke konsumen."

Berikut rincian modifikasi PCX bergaya bagger garapan Hasan:

Builder: Hasan Law
Advisor: Masayuki Sugihara (Luck MC)
Concept: Bagger

Body: Custom Body Work (Galvanised Plate)
Frame: Custom Sub Frame
FR Tire: Tubeless Tire 90/90 21 inci
Wheels: CNC Wheels FR 2.15, 21 inci
Headlamp: Foglamp Aftermarket
Steering Handle: Aftermarket
FR Suspension: Telescopic 41mm
Disk Plate: Aftermarket
Backmirror: Aftermarket
Hand Grip: Aftermarket
Seat: Custom Single Seat
Ehaust System: Custom Free Flow
Visor: Custom
Winker: Custom

Topik Terkait
Saksikan Juga
Honda PCX Listrik Resmi, Tapi Kok Enggak Bisa Dibeli?
OTOMOTIF - 8 bulan lalu