Idamkan Kontes IAM MBtech, Modifikator Semarang: Adakan Tiap Tahun

Kontes IAM MBtech di Majesty Convention Hall, 5-6 Oktober 2019.
Sumber :

VIVA – Perhelatan modifikasi bertaraf internasional Indonesia Automodified (IAM) telah berlangsung di Majesty Convention Hall pada tanggal 5-6 Oktober 2019.

Event yang digelar selama dua hari pada Sabtu-Minggu ini, mematok biaya tiket masuk sebesar Rp. 50.000/hari bagi para pengunjung. Namun gratis bagi pengunjung yang memiliki STNK mobil bermerek Daihatsu. Mereka hanya tinggal menunjukkan STNK nya saja.

Lebih dari 120 kontestan telah tampil berlaga di ajang ini, mereka menampilkan berbagai karya modifikasi terbaiknya di Kota Semarang ini. Bahkan tak hanya itu, peserta kali ini juga ada yang datang dari Jakarta, Yogyakarta, maupun, Surabaya.

Para peserta IAM 2019 juga disuguhkan kejuaraan kontes audio dengan berbagai dandanan kosmetik audio yang dipersembahkan baik untuk Sound Quality (SQ), Sound Quality Load (SQL) maupun Sound Pressure Load (SPL).

Kompetisi ini juga dimeriahkan dengan berbagai komunitas/klub mobil yang masing-masing memboyong sejumlah konsep modifikasi untuk mengharumkan nama klub mereka. Selain membawa nama klub, sebagian lain juga ada yang mengusung nama rumah modifikasinya.

Untuk klub modifikasi yang telah terdaftar pada gelaran ini antara lain Option, Empire Auto Club, Asalvo, RJ, Autocraft, Ayam Kremes, Odyssey Indonesia (OI), Toyota Soluna Vios Community (TSVC), Customized, Paket Kiriman, Absolute.

Di IAM 2019 juga diadakan Daihatsu Dressup Challenge (DDC). Adalah Taruna Owner (TO), Klub Granmax-Luxio (MAXXIO), Sirion Community (SIRIONITY), Impossible (IMP), Abunawas Jeep Community (AJC), Maximoz, Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC), Daihatsu Taruna Jogja Jawa Tengah (DTJJ), Agya Ayla Fans Club Indonesia (AAFCI), Daihatsu Ayla Indonesia (DAI), Kempret X Geng (KXG), serta All New Rush-Terios Indonesia (ALERT) yang kali ini ikut berlaga dalam DCC 2019. 

Dari catatan yang didapat, Klub Option berhasil memboyong 12 mobil jagoannya, kemudian disusul dengan Empire dan Asalvo yang masing-masing menampilkan 6 mobil andalannya. Sementara klub lainnya ada yang menerjunkan lima, empat dan adapula yang mengusung nama rumah modifikasi yaitu Beers Garage, LB Garage, Garasi17, Brasil Speed dan masih banyak lagi.

Dolle Suprayitno, Marketing and Promotion PT HIN Promosindo mengatakan, kontes modifikasi untuk Kota Semarang ini memang tidak digelar setiap tahunnya. Jadi para peserta terkadang bertanya-tanya, apakah kontes IAM MBtech tahun ini bakal dilaksanakan di Kota Semarang atau tidak?

"Mereka sebetulnya kepingin rutin diadakan setiap tahunnya. Karena pada tahun 2018 lalu, kontes IAM tidak digelar di Kota Semarang. Jadi, hal inilah yang menjadi salah satu kendala mobil-mobil yang mereka bangun belum terselesaikan," jelas Dolle.

Kabarnya, kata Dolle, mereka (para peserta) sebetulnya menunggu momentum event ini. “Nah, pas diumumkan kontes IAM MBtech bakal digelar di tahun ini mereka langsung antusias. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang cukup fantastis,” lanjutnya. 

"Kalau soal modifikasi tentunya gak kalah sama kota-kota lain, meskipun terdapat tarik-ulur diantara mereka. Artinya, ada beberapa peserta yang saat ini baru terjun kontes alias pemula sementara peserta kawakan tidak ikut serta, lantaran mobilnya belum terselesaikan," imbuhnya.

Di ajang IAM MBtech Semarang 2019 ini juga didukung oleh dua sponsor utama yakni MBtech dan Daihatsu. Kemudian sponsor pendukung lainnya antara lain Work Wheels, Pioneer, Sonax, Airlux Suspension dan Cleo.

"Di ajang ini juga kami menerima beberapa booth untuk berbagai bengkel dan tenant yang ingin memasarkan produknya di acara ini," kata Dolle.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai hiburan seru dan menarik lainnya persembahan IAM seperti HINGirlfriends & Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), performance IAM DJ Hunt.

Jadwal event series Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019

1. Surabaya, 23-24 Maret, Tunjungan Plaza

2. Jogjakarta, 30-31 Maret, Sleman City Hall

3. Balikpapan, 06-07 April, Balikpapan Ocean Square

4. IAM IIMS Jakarta, 25 April - 05 Mei, JIExpo Kemayoran

5. IAM IIMS Makassar, 01-05 Mei, Celebes Convention Center

6. Bali, 22-23 Juni

7. Kota Batu, 29-30 Juni, Museum Angkut

8. Batam, 27-28 Juli, Mall Botania 2

9. Medan, 03-04 Agustus, MICC

10. Banjarmasin, 07-08 September, Duta Mall

11. Bandung, 21-22 September, Graha Manggala Siliwangi

12. Palembang, 28-29 September, Jakabarin Sport City

13. Semarang, 05-06 October, Majesty Convention Hall

14. Jakarta, 23-24 November, Ecovention Ancol

Kemudian untuk International Automodified 2019 akan diselenggarakan di*:

Bangkok, 15-17 Februari, Future Park Rangsit

Malaysia Autoshow 2019, Kuala Lumpur, 11-14 April, MAEPS

Serdang Hall C.

Singapore, 24-25 Agustus 2019, Singapore Expo Hall

Sabah Trade Center, Kota Kinabalu (KK), Malaysia, 28-29 September 2019 (tanggal/tempat masih dapat berubah).