Honda Forza Vs Yamaha XMAX, Lebih Mahal Mana

Honda Forza 250
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Perhelatan Indonesia Motorcycle Show 2018 menjadi 'lebaran' para pecinta kendaraan roda dua Tanah Air. Bagaimana tidak, sejumlah agen pemegang merek sepeda motor menampilkan deretan produknya. 

Salah satu pabrikan yang ikut serta dalam hajatan tersebut adalah PT Astra Honda Motor. Dalam kesempatan ini, Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya membeberkan harga resmi Forza 250 yakni sebesar Rp76,5 on the road Jakarta.

Melihat harga pesaingnya di kelas skutik bongsor berkapasitas mesin 250cc yakni Yamaha XMAX, bisa dibilang 'kemahalan'. Sebab, motor buatan pabrikan berlogo garpu tala itu dijual dengan harga Rp57,8 juta berstatus on the road DKI Jakarta.

Keduanya pun bersaing dalam hal performa. Yamaha XMAX disematkan mesin blue core 250cc, dilengkapi liquid cooled-4 valve. Tak hanya itu, bagian roda telah dibenamkan traction control system untuk mengurangi risiko ban belakang selip.

Motor tersebut juga dilengkapi dengan lampu hazard, lampu depan dan belakang LED dan sudah dilengkapi dengan DRL atau daytime running light. Dan pemotor dimudahkaan dengan electric power socket untuk mengisi daya gawai pengendara. 

Untuk Honda Forza, menggendong mesin 250cc SOHC berpendingin cairan PGM FI. Jantung pacu ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 17,3 kilowatt. Skutik ini dilengkapi Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip. 

Telah disematkan pula lampu LED. Dan diperkuat fitur kombinasi digital panelmeter dengan aksen krom mewah di sisi spidometer. Kecanggihan lain yang dimiliki adalah Electrical Adjustable Windscreen yang fungsinya mengatur ketinggian windshield. (ase)