Bikin Awet Baterai Remote Honda PCX, Begini Caranya

Honda PCX 150 edisi 2018.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Beragam fitur canggih dibekali pabrikan pada sepeda motornya. Gunanya tentu untuk memudahkan pengguna selama pemakaian. Seperti halnya teknologi keyless dan remote yang tersemat pada Honda PCX.

Pada kondisi standar, baterai remote keyless bisa bertahan hingga satu setengah tahun bahkan lebih. Tetapi kalau pemakaian buruk, bisa saja membuat baterai cepat habis.

Seperti dikutip situs resmi Honda, Senin 10 Desember 2018, ketika motor tidak digunakan, ada baiknya remote keyless langsung dimatikan dari tombol power yang sudah diberikan. “Disarankan untuk dimatikan langsung jika tidak digunakan, sebab pada kondisi standar power on, remote akan terus memancarkan dan mencari frekuensi (motor). Jadi ada baiknya dimatikan jika tidak digunakan,” tulis Honda.

Selain irit baterai, dengan mematikan power akan meningkatkan sisi safety. Walaupun sensor sudah diatur hanya aktif satu meter mendekati motor, namun faktor ketidaksengajaan bisa saja terjadi. Faktor selanjutnya adalah letak remote. Meletakkan remote terlalu dekat dengan motor secara tidak sadar frekuensi antara remote dan ECU sedang terkoneksi. Di sinilah baterai akan aktif bekerja sia-sia.

Untuk mematikan power pada remote kunci keyless atau smartkey Honda New PCX 150 tinggal tekan dan tahan tombol ikon kunci sekitar dua detik.

"Ikon ini berada di bawah ikon gambar speaker yang artinya alarm aktif atau nonaktif. Jika warna lampu berwarna hijau ini artinya remote keyless sedang aktif. Sebaliknya jika berwarna merah maka smart key pada kondisi turn off alias mati."

Pabrikan Honda menyatakan mengatur dalam keadaan normal baterai remote akan bertahan 1,5 hingga 2 tahun. Jika kurang dari itu, berarti ada yang salah dalam cara penggunaan remote ini. (ase)