Vespa Pasang Aksesori KW, Banyak Ruginya

Acara touring Piaggio-Vespa ke Bromo, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Vespa menjadi salah satu motor dengan desain yang khas. Untuk memperkuat kesan ikonik, tak sedikit pemilik yang memasang aksesori pada kendaraan roda dua asal Italia tersebut.

Public Relation and Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal mengatakan, pemasangan aksesori merupakan hal yang wajar, sebab biasanya pemilik Vespa ingin memperlihatkan identitasnya melalui skuter Vespa.

"Vespa kan personal ya, jadi ke pemasangan aksesori memang wajar," kata Robby di Probolinggo, Jawa Timur.

Namun, kata Robby, tak semua pemilik Vespa di Indonesia menggunakan aksesori orisinal Vespa. Padahal, kata dia, penggunaan aksesori cukup berpengaruh dengan kualitas dan garansi yang diberikan oleh Piaggio Indonesia sebagai agen resminya.

"Kalau kita beli resmi, itu sudah terjamin kualitasnya. Pemasangannya pun sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrik, sebab walaupun hanya sebatas aksesori, tetapi ada risetnya, dilihat bisa merusak enggak, kemudian pasangnya gimana," kata dia.

Sementara itu Technical Training Manager Piaggio Indonesia, Yudi Riswanto mengatakan, pihaknya kini menawarkan kualitas aksesori yang terbaik dan mudah didapatkan dengan sistem pembelian secara paket. 

"Ngomong soal aksesori Vespa yang lokal sama orisinal ada semua. Cuma kualitas pasti beda. Sekarang kami juga fokus menawarkan aksesori dengan sistem paket," kata Yudi. (kwo)