Kaleidoskop 2018: Jokowi 'Main' Motor Custom

Presiden Jokowi touring naik motor custom
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA – Presiden Joko Widodo ternyata memiliki hobi mengoleksi dan mengendarai motor custom. Kuda besi pertama hasil karya seni miliknya dibuat bergaya chopper, hasil garapan bengkel Elders Garage bersama Kick Ass Choppers.

Motor chopper dengan basis Royal Enfield Bullet 350 itu memiliki warna kuning emas, dengan suspensi belakang rigid alias tanpa shockbreaker. Pada Agustus 2018, ternyata mantan Gubernur DKI Jakarta itu diam-diam membuat motor custom lagi.

Bahan dasar motor custom keduanya dari Kawasaki W175, dibuat bergaya chopper bobber karya bengkel Katros Garage. Motor dengan kelir hijau tersebut pertama digunakan Jokowi mengelilingi Kota Tangerang, November 2018.

Hal unik dari motor custom milik mantan Wali Kota Solo tersebut adalah, keduanya sama-sama tidak memiliki lengan ayun belakang. Padahal, fungsi peredam kejut agar guncangan saat melewati jalan rusak tidak sampai ke tubuh pengendara. 

Selain itu, yang menjadi perhatian adalah warnanya, yakni kuning emas dan hijau. Ada alasan khusus, mengapa dua warna itu yang dipilih oleh Jokowi.

“Awalnya saya sempat kasih opsi warna merah. Tapi, pak Jokowi melalui staf kepresidenan tidak setuju, karena terlalu melambangkan partai,” ujar builder Katros Garage, Andi Akbar. (kwo)