Siap-siap, Motor Ini Diprediksi Sepi Peminat di 2019

Pengendara Motorsport
Sumber :
  • http://yoechua.blogspot.com/

VIVA – Pasar motor sport di Tanah Air belakangan ini terus menyusut. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, pangsa pasar motor berpenampilan gagah itu pada 2018 hanya 7,6 persen.

Angka itu menurun, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat 9,2 persen. Penurunan yang signifikan terjadi di pasar sport 250.

Melihat fenomena tersebut, pengamat otomotif sekaligus dosen dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu menegaskan, penurunan minat akan segmen ini masih akan terjadi sepanjang 2019.

“Motor yang cenderung semakin sepi peminat, adalah tipe real sport dengan transmisi manual," ujarnya kepada VIVA, Kamis 3 Januari 2018.

Yannes menjelaskan, ada dua faktor utama yang membuat pasar motor sport semakin ditinggal konsumen setianya di Tanah Air.

Hal pertama ialah kenyamanan pengendara. Motor sport mengharuskan postur tubuh pengendara membungkuk, dengan posisi berat tubuh disangga kedua lengan dan posisi kaki menekuk.

Selain itu, pajak juga menjadi alasan pasar sport 250 semakin sepi peminat. Untuk pajak tahunan, jika motor di bawah 250cc angkanya di kisaran Rp400 ribuan ke bawah, maka motor sport 250cc yang minim komponen lokal berada di kisaran Rp600 ribuan ke atas. 

"Untuk motor jenis trail, pasarnya tetap dan hanya di ceruk pasar penggemar adventure yang cenderung kecil jumlahnya," tuturnya. (kwo)