Ikuti Yamaha, Honda Pasang Teknologi Canggih di Motor

CBR 1000 RR Fireblade
Sumber :
  • Ibtimes

VIVA – Membuat sepeda motor yang bisa menghasilkan tenaga besar bukan perkara mudah. Kesulitan bukan pada seberapa besar kapasitas mesin atau seringan apa bobot kuda besi tersebut, melainkan soal emisi gas buang.

Dengan terus meningkatnya polusi udara yang dihasilkan kendaraan bermotor, produsen dipaksa bekerja keras mencari cara, untuk bisa merancang alat transportasi yang ramah lingkungan.

Namun, dua hal yang bertentangan tersebut bisa didapatkan dengan cara memaksimalkan efisiensi mesin. Itu yang coba dilakukan pabrikan motor Honda, saat mereka mendaftarkan paten teknologi baru untuk motor Fireblade.

Dilansir dari Indianautosblog, Rabu 9 Januari 2019, teknologi yang dimaksud adalah Variable Valve Timing atau VVT. Fitur ini memungkinkan katup masuk dan buang pada mesin untuk terbuka dan tertutup dengan durasi yang berbeda, sesuai putaran mesin.

Saat motor berjalan pelan, maka katup hanya terbuka sedikit, cukup untuk memberi jalan campuran bensin dan udara masuk ke ruang bakar. Tapi ketika tuas gas diputar penuh, maka komputer akan memerintahkan katup untuk terbuka dan tertutup dengan lebih lebar, dan durasi lebih lama.

Sebagai informasi, teknologi ini sudah diterapkan Yamaha pada beberapa motor andalan mereka di segmen matik maupun sport. Oleh mereka, fitur tersebut diberi nama Variable Valve Actuation atau VVA.