Penantang Forza dan Xmax Siap Meluncur Bulan Depan

Sepeda motor BMW C 400 X.
Sumber :
  • BMW

VIVA – PT Maxindo Moto Nusantara sebagai agen pemegang merek sepeda motor BMW Motorrad di Indonesia, akan merilis skutik barunya, C 400 X pada Februari 2019. Meski mesinnya berbeda dengan Honda Forza dan Yamaha XMax, namun fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Informasi peluncuran C 400 X disampaikan langsung oleh Product Manager BMW Motorrad Indonesia, Ario Zainuddin. Bahkan sebelum dirilis bulan depan, importir motor asal Jerman tersebut sudah memajang foto dan spesifikasinya di laman resmi mereka.

"Iya tanggal 16 Februari 2019 peluncurannya. Harga nanti dulu ya, tunggu peluncuran," ujar Ario kepada VIVA, Jumat 25 Januari 2019.

Ia menjelaskan, meski ada tiga warna pilihan, namun yang akan dijual lebih dulu ke pasaran hanya dua, yakni hitam dan biru. Sementara, warna yang satu lagi adalah putih.

"Kalo varian C 400 sebenarnya ada dua, C 400 X sama C 400 GT. Yang mau masuk dan launching duluan itu C 400 X," tuturnya.

C 400 X meluncur perdana di pameran motor berskala internasional di Milan, Italia pada 2017. Secara desain, motor tersebut lebih ramping dari model skutik BMW yang sudah ada di Tanah Air, C 650.

Sasisnya baja jenis tubular, sedangkan suspensi depan masih menganut model teleskopik dan bukan up-side down.

Skutik ini memiliki mesin satu silinder berkapasitas 350cc, yang dapat menyemburkan tenaga 34,4 daya kuda dan torsi maksimum 35 Newton meter. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi continuous variable transmission atau CVT.

Beberapa fitur andalan yakni ASC (Automatic Stability Control), untuk mengatur tenaga pada kedua rodanya. Pengendara dapat melakukan pengereman lebih aman, karena sudah dibekali dengan ABS (anti-lock braking system) di kedua roda. (re2)