Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 31 Januari 2019 | 16:39 WIB

Diuji Jalan, PCX Listrik Bisa Mencapai Jarak Segini

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Honda PCX Electric.

VIVA – Menyambut era ramah lingkungan, PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda PCX listrik. Sebagai langkah awal, skutik bertenaga setrum tersebut tidak langsung dijual, namun disewakan ke perusahaan yang berminat.

Bentuk PCX listrik tersebut sama dengan versi hybrid dan mesin bahan bakar. Namun jika diperhatikan, ada sejumlah perbedaan. Mulai dari jarak sumbu roda lebih panjang, desain lengan ayun, sepatbor belakang, dan informasi yang terpampang pada panel instrumen.

Baca Juga

Development Manager Honda R&D Co Ltd, Makoto Mitsukawa mengatakan, PCX Electric dibekali dua baterai portabel 50,4 Volt yang disebut Honda Mobile Power Pack. Kedua baterai tersebut terletak di dalam bagasi.

Artinya, Anda tidak bisa memanfaatkan bagasi sebagai tempat helm. Baterai bisa diisi ulang menggunakan dua cara, mengganti yang kosong dengan baterai penuh, atau mengecasnya langsung dari listrik gedung.

Terpopuler

Dari hasil pengujian pabrikan, dengan kecepatan konstan 40 kilometer per jam, PCX listrik dapat menempuh jarak 69 kilometer dalam keadaan kedua baterai terisi penuh. Pengisian baterai memakan waktu 4-6 jam.

Berdasarkan data spesifikasi Honda Jepang, motor tersebut bisa menempuh jarak sejauh 41 kilometer, apabila kecepatan konstannya 60 km per jam.

"Dapat terisi penuh dalam pengisian selama empat jam, saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Cara pengisian on-board (terkoneksi langsung dengan listrik), masa pengisian enam jam," tuturnya. (yns)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Made in Indonesia, Motor Listrik GESITS Harganya Berapa?
OTOMOTIF - 6 bulan lalu