Intip Harga Pasaran Yamaha Robot, Motor Klasik Berstatus Langka

Yamaha Robot V80.
Sumber :
  • Olx

VIVA – Belakangan motor dengan desain klasik makin diminati masyarakat. Dimulai dari tingginya peminat motor custom untuk memodifikasi motornya agar terlihat authentic, hingga pabrikan motor yang berlomba-lomba merilis motor baru berdesain jadul untuk menjawab besarnya permintaan pasar.

Fenomena melonjaknya motor lawas ini membuat para penikmat otomotif sedikit terbawa nostalgia dengan beberapa model motor klasik yang bersinar pada zamannya.

Salah satunya datang dari Yamaha yang punya motor legendaris dan laris manis pada masanya. Motor itu yakni Yamaha V80. Dikutip dari akun Instagram @parjo_id, Yamaha V80 ternyata masuk dalam kategori motor langka.

Meski membawa nama Yamaha V80, nyatanya motor ini lebih akrab dengan sebutan Yamaha Robot. Namanya mengacu pada bentuk motor ini yang serupa dengan model robot Gundam atau Autobot. Tengok saja bagian bodi, jok, headlamp, sign lamp, sepakbor, hingga stop lamp yang dibuat kotak dan presisi sehingga menghasilkan kesan kaku layaknya robot.

Yamaha Robot hadir dalam dua versi, yaitu Yamaha V80 dan Yamaha V80 Excellent yang muncul sekitar tahun 1987 dan 1988. Motor yang dibekali transmisi tiga-percepatan inilah yang menjadi pembeda dengan motor saat ini.

Motor yang biasanya juga disebut The Last Yamaha V Series tersebut memang jadi primadona di kalangan para pencinta motor jadul, sebab populasinya yang jarang. Maka jangan heran jika Yamaha Robot terus menjadi buruan.

Di pasaran jual beli online motor bekas, Yamaha Robot dibanderol beragam. Berdasarkan pantauan harga yang dipatok ada pada kisaran Rp5 juta sampai Rp9 jutaan. Semua tergantung kelengkapan dan kondisi.

Laporan: Rezky Amaliah/Jakarta