Heboh Motor Mesin Toyota Kijang di Bogor, Seberapa Kencang?

Motor bermesin Toyota Kijang
Sumber :
  • Bokor Custom

VIVA – Beberapa waktu lalu sebuah motor custom asal Bogor sukses menyedot perhatian. Pasalnya, motor kreasi Bokor Custom ini punya mesin mobil Toyota Kijang lansiran 1978 berkapasitas 1.300cc. Hal yang tak wajar tentunya.

Bonyok, pemilik sekaligus builder dari motor custom tak wajar ini membeberkan kesulitan yang harus dihadapinya untuk menciptakan motor yang satu ini. Selain kesulitan dalam hal pendanaan, juga muncul kesulitan terkait custom yang mereka lakukan.

"Selain anggaran, kesulitan yang kami hadapi adalah di bagian transmisi. Kami harus cari cara untuk mengubah transmisi manual 4-percepatan dan mundur menjadi tanpa transmisi sama sekali," kata Bonyok kepada VIVA.

Setelah beberapa lama, lanjut Bonyok, akhirnya ditemukan cara yakni dengan menghubungkan langsung tenaga dari mesin ke roda. Jadi cara penggunaannya cuma lepas kopling dan langsung jalan," kata sang builder.

Lalu bagaimana untuk memanaskan mesin motor ini saat akan ditunggangi? Menurutnya, untuk memanaskan atau stasioner hidup sudah dibantu dengan keberadaan interlock di bagian kopling.

Nah, yang jadi pertanyaan, seberapa kencang kuda besi unik buatan Bokor Custom ini saat digeber? Menurut sang builder, hingga saat ini pihaknya memang belum menguji secara khusus seberapa kencang motor bertenaga mobil ini.

"Dulu waktu pertama kali jadi di tahun 2017 kita pernah barengin sama motor lain yang ada speedometernya. Ya baru tembus 100 km/jam saja karena saat itu kondisi jalannya ramai. Itu belum gas full," kata Bonyok.