Dua Hal Ini Kerap Dikeluhkan Pengguna Ninja 250 SL

Kawasaki Ninja 250 SL
Sumber :
  • Kawasaki

VIVA – Ninja 250 SL menjadi salah satu sepeda motor andalan Kawasaki yang cukup fenomenal di 2018. Meski mengusung mesin berkapasitas 250cc, namun harga yang ditawarkan setara dengan motor sport 150cc.

Tak ayal, kuda besi yang memiliki spesifikasi satu silinder itu langsung ludes dibeli peminat. Namun, bukan berarti motor tersebut bebas dari masalah. Ada beberapa ‘penyakit’ yang kerap dikeluhkan penggunanya.

"Kalau masalah yang dikeluhkan, biasanya soal temperatur. Banyak juga yang bilang soal getar. Katanya sih, getarnya lebih terasa," kata salah satu montir diler Kawasaki yang enggan dicantumkan namanya, kepada VIVA, Kamis 21 Februari 2019.

Menurutnya, masalah temperatur itu memang wajar terjadi. Karena, kelemahan mesin dengan satu silinder adalah soal mesin yang cepat panas. Akibatnya, mesin motor akan mati secara tiba-tiba.

Selain tingginya kompresi mesin yang menyebabkan panas berlebih, gesekan yang dihasilkan dalam dinding silinder juga menjadi pemicunya. Sementara soal getar, itu diakibatkan dimensi panjang piston lebih besar dari diameternya.

"Wajar itu (getar). Karena, makin besar kapasitas mesin, kalau jumlah silindernya sedikit, pasti getarannya semakin terasa," ungkapnya. (kwo)