Jumlah Motor di Indonesia, Separuh Populasi Penduduknya

Pemudik Motor
Sumber :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

VIVA – Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia, menjadi salah satu yang terbanyak di dunia. Lalu lintas yang padat, ditambah mahalnya harga mobil, membuat banyak orang lebih memilih kendaraan roda dua tersebut.

Efeknya, terjadi pembengkakan jumlah motor yang signifikan. Dari tahun ke tahun, pertumbuhannya selalu meningkat. Hal ini, membuat banyak orang bertanya-tanya, berapa jumlah keseluruhan sepeda motor di Indonesia?

Vice President Corporate Development PT Pertamina Lubricants, Mohamad Zuchri, melalui presentasinya menyampaikan, jumlah sepeda motor di Indonesia hingga saat ini sudah ratusan juta unit.

"Angkanya sudah mencapai 137,7 juta. Di 2018 sendiri, ada penambahan sekitar 6,3 juta," ungkap Zuchri di Jakarta, Senin 11 Maret 2019.

Ia juga menambahkan, peningkatan terbesar bukan terjadi di 2018, melainkan 2011 silam. Pada tahun tersebut, angka pembelian sepeda motor mencapai tujuh juta unit.

Sebagai tambahan informasi, jumlah penduduk Indonesia di 2018, adalah 260 juta. Angka kepemilikan motor yang mencapai 137,7 juta menandakan, jumlah kendaraan roda dua tersebut sudah mencapai separuh dari jumlah penduduk Indonesia.

Selain motor, PT Pertamina Lubricants yang mengutip data Badan Pusat Statistik, juga menjabarkan jumlah kepemilikan kendaraan beroda empat di Indonesia. Angkanya mencapai 24,6 juta. Masing-masing 15,8 juta untuk mobil penumpang, serta 8,8 juta untuk bus dan truk. (asp)