Ingin Sewa PCX Listrik di Jepang, Siap-siap Kaget Lihat Tarifnya

Sepeda motor Honda PCX Electric diluncurkan di Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Honda PCX bertenaga listrik resmi dirilis PT Astra Honda Moto. Tapi, skutik setrum tersebut tidak langsung dijual ke pasaran, melainkan disewakan ke perusahaan yang berminat.

Waktu sewanya minimal satu bulan, tidak bisa per hari seperti sepeda listrik Migo. Biaya sewa bulanan PCX listrik cukup mahal, hingga jutaan rupiah.

Seperti yang disampaikan Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya. Dia mengatakan, jumlah yang disewa tidak harus banyak, satu unit juga bisa. Namun, jeda waktu penyewaan minimal satu bulan, sementara target AHM adalah sewa tahunan.

"Untuk biaya sewanya, perhitungan kami maksimum Rp2 juta per bulan (termasuk perawatan baterai). Sekarang ini, kami mengharapkan untuk penyewaannya lebih dari satu tahun, dua sampai tiga tahun," ujarnya beberapa waktu lalu.

Tidak hanya di Indonesia, PCX Electric juga ditawarkan dalam bentuk sewa di negara asalnya, Jepang. Dilansir dari Young-machine, Selasa 12 Maret 2019, motor ramah lingkungan itu bisa ditemukan di Miyakojima, Prefektur Okinawa.

Perusahaan Miyako Karen ditunjuk oleh Honda, sebagai penyedia jasa penyewaan. Kawasan Miyakojima dipilih, karena lokasinya ramai oleh turis. Tak hanya itu, jaringan telekomunikasi Softbank juga tersedia di daerah itu, sehingga data penggunaan bisa direkam untuk statistik perusahaan.

Berbeda dengan di Indonesia, motor listrik itu bisa disewa harian. Namun, jangan kaget melihat tarifnya. Termasuk sepasang helm dan dua pasang sarung tangan, PCX listrik bisa disewa dengan tarif 12.960 Yen, atau setara Rp1,6 juta. (ang)