Intip Gaharnya Spesifikasi Motor Sangar yang Dinaiki Jokowi

Presiden Jokowi menjajal Honda RC213V-S
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA – Saat menerima kunjungan Chief Executive Officer Dorna, Carmelo Ezpelata, Senin sore 11 Maret 2019, Presiden Joko Widodo sempat mencoba naik di salah satu sepeda motor sport yang diparkir di Istana Bogor. Kunjungan Carmelo adalah untuk membahas mengenai penyelenggaraan balap MotoGP.

Sedianya, balap motor terkencang sejagat itu bakal digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pda 2021 mendatang. Turut hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi; Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M Mansoer; dan beberapa pembalap MotoGP.

Salah satu hal menarik adalah soal motor yang dijajal Jokowi. Berkelir hitam legam, kuda besi itu disebut sangar oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Seperti dilansir dari laman Instagram @jokowi, Selasa 12 Maret 2019.

“Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe,” tulis Jokowi dengan nada bercanda.

Motor yang dimaksud adalah Honda RC213V-S, yang didatangkan oleh PT Astra Honda Motor ke Tanah Air pada 2016. Ini adalah versi jalanan dari RC213V, motor balap yang digunakan tim Honda MotoGP.

Mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1.000cc, RC213V-S memiliki performa 157 daya kuda (versi Eropa). Tersedia tiga mode berkendara, sembilan mode kontrol traksi dan empat tingkat pengereman. Harga motor ini ditaksir mencapai Rp7 miliar. (kwo)