Sabet Juara, Inilah Motor Berdesain Paling Cantik di 2019

Yamaha Niken.
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA – Yamaha keluar sebagai juara sebagai jenama yang raih penghargaan dari segi desain sepeda motor. Ini merupakan kali kedelapan secara berturut-turut Yamaha keluar sebagai juara.

Seperti dikutip Japantimes, Senin 25 Maret 2019, motor yang membawa Yamaha menjadi juara adalah Niken, motor roda tiga berdesain radikalnya. Motor itu dihadiahi penghargaan Best Design oleh Red Dot Awards, yang dihelat di Essen, Jerman.

Cara yang dilakukan Red Dot Awards untuk menentukan pemenang, adalah melalui pengamatan terhadap gagasan baru yang ditawarkan oleh pabrikan sepeda motor. Semakin tak biasa dan unik, semakin besar peluang kandidat memenangi penghargaan tersebut.

Namun meski begitu, bentuk unik yang diusung sepeda motor juga harus melalui riset dan uji coba yang matang. Sehingga, bukan hanya nilai estetik saja yang ditonjolkan, melainkan sistem keamanan juga menjadi perhatian. Dan dalam hal ini, Yamaha Niken memenuhi syarat untuk menang.

Sejak dikenalkan pada EICMA Milan 2017 lalu, Yamaha Niken memang telah mencuri perhatian para pencinta roda dua di penjuru dunia. Sebab, rupa motor tersebut terbilang unik dan futuristik.

Menyematkan teknologi roda tiga dan learning multi-wheeler, membuat suspensi depan dapat bergerak secara independen. Karena itulah, pihak Yamaha mengklaim motornya ini mampu mencapai kemiringan 45 derajat ketika menikung.

Selain itu, Yamaha Niken juga menjadi pionir lahirnya motor balap roda tiga. Mereka disebut-sebut masih yang pertama memasarkan jenis motor tersebut. Rata-rata sepeda motor berkonfigurasi ban serupa adalah motor jenis maxi skuter, seperti Piaggio MP3 Yourban ataupun Peugout Metropolis.

Kinerja roda milik Yamaha Niken juga berbeda, karena motor ini tidak bisa berdiri sendiri, sehingga membutuhkan standar atau paddock agar tidak roboh. (kwo)