Sekali Cas, Motor Listrik Ini Bisa Tempuh Jakarta-Semarang

Curtiss Zeus
Sumber :
  • Curtiss Motorcycle

VIVA – Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Curtiss Motorcycles mengenalkan dua motor listrik anyarnya, Zeus dan Hera. Mengutip laman resmi mereka, Kamis 28 Maret 2019, dari dua moel tersebut, baru Zeus yang bisa dipesan.

Zeus merupakan motor setrum dengan tampilan tak biasa. Perusahaan tersebut berani keluar dari pakem yang selama ini dijadikan rujukan pabrikan lain, terkait rupa motor listrik pada umumnya. Lihat saja permukaan jok yang sejajar dengan badan motor, lengan ayun yang menukik ke bawah, serta sepasang roda bongsor yang dilengkapi cakram berkelir gelap.

Selain itu, motor ini memakai tenaga listrik yang komponennya dipasang di bawah jok. Meski tidak menyebut spesifikasi baterai, Curtiss mengklaim, Zeus bisa menghasilkan tenaga setara 190 daya kuda dan torsi 195 Newton meter.

Hebatnya, dalam sekali cas, motor bisa menempuh jarak 450 kilometer. Jarak sejauh itu, hampir setara dengan perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah, melalui Pantura.

Sejauh ini, Zeus menjadi motor listrik dengan ketahanan baterai terkuat. Sebelumnya, hanya mobil Tesla Y, yang sanggup menempuh jarak serupa.

Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi calon pembeli, yang gemar bepergian jauh menggunakan sepeda motor. Zeus dibanderol seharga US$60 ribu, atau setara dengan Rp850 juta. (kwo)