Segera Muncul Motor Baru, Harganya Rp8 Jutaan Saja

Bajaj Platina 100 KS
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA – Beberapa tahun lalu, Bajaj sempat meramaikan industri otomotif Tanah Air. Motor model sport itu ditawarkan dengan banderol murah, cara mereka menarik minat para pembeli.

Dilansir dari Indianautosblog, Jumat 29 Maret 2019, rupanya formula itu masih diadaptasi oleh pabrikan yang bermarkas di Pune, India tersebut. Paling baru, mereka kenalkan Platina 100 KS CBS, yang hanya dipatok seharga 40.500 Rupee saja, atau setara dengan Rp8,3 juta.

Motor bersilinder tunggal ini mengusung kapasitas mesin kecil, yakni 102cc. Dilengkapi dengan teknologi DTS-I dengan ExhausTEC, mesin dapat menghasilkan tenaga 7,9 daya kuda dan torsi 8,34 Newton meter.

Dibekali dengan transmisi manual empat percepatan, Platina 100 KS dapat melaju hingga kecepatan maksimum 90 kilometer per jam. Soal sistem pengereman, motor ini masih menggunakan tromol ganda berukuran 130 mm untuk bagian depan, dan 110 mm untuk belakang.

Melihat tampilannya, Platina 100 KS masih jauh dari kesan futuristis. Namun, hal tersebut dapat dipahami, mengingat harga yang ditawarkan terbilang murah, sehingga komponen yang disematkan jadi terbatas.

Meski begitu, Bajaj menyiapkan satu fitur baru, guna menambah kesan canggih pada sepeda motor. Fitur itu dinamakan Comfortec, yang diklaim mampu menghemat bahan bakar hingga 20 persen.

Presiden Bisnis Bajaj, Sarang Kanade menyatakan, kemunculan Platina diharapkan mampu mengangkat kembali nama Bajaj di Industri otomotif dunia.

“Platina dikenal karena memberi kenyamanan. Dengan dikenalkannya produk terbaru ini, kami mampu menawarkan produk (berkualitas) baik dengan harga yang terjangkau,” ungkapnya.

Terkait tanggal peluncuran, Kanade menyampaikan, bahwa bulan April ini, motor sudah tersedia untuk pasar India. Nantinya, Bajaj menyediakan dua pilihan warna. Yakni hitam-perak dan ungu tua. (kwo)