Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 10 April 2019 | 17:48 WIB

Honda Rancang Jok Motor Canggih, Bisa Panas dan Dingin

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • www.indianautosblog.com
Honda Goldwing 2016.

VIVA – Banyak sekali perbedaan antara mobil dan sepeda motor. Mulai dari dimensi, daya angkut, hingga fitur yang dipasang. Meski demikian, upaya untuk menghadirkan fitur mobil di kendaraan bermotor roda dua, terus dilakukan.

Seperti yang dilakukan Honda. Dilansir dari 100kpj, Rabu 10 April 2019, pabrikan motor asal Jepang itu baru mendaftarkan hak paten untuk sistem penghangat dan pendingin jok.

Baca Juga

Fitur penghangat sudah lama ada di beberapa model motor mewah, dan sangat berguna saat berkendara di cuaca hujan atau dingin.

Namun, sampai saat ini belum ada yang berhasil mengembangkan sistem penyejuk untuk kuda besi. Fitur ini akan sangat bermanfaat, saat dipakai di wilayah yang beriklim panas atau tropis.

Terpopuler

Paten yang didaftarkan Honda terdiri dari dua pipa yang berasal dari bagian depan motor. Satu pipa terhubung ke saluran udara masuk, dan satu pipa lagi diletakkan dekat radiator.

Pipa yang berasal dari saluran udara, akan mengalirkan hawa sejuk. Sedangkan, hawa panas diambil dari proses pendinginan radiator.

Kedua pipa dipasang masuk ke dalam jok motor. Material pembungkus jok menggunakan bahan berpori, yang dapat mengalirkan udara sejuk atau panas, namun tetap bisa menolak air hujan.

Sayangnya, tidak disebutkan, kapan Honda akan mulai memproduksi massal teknologi tersebut, serta model mana yang bakal mengusungnya. (kwo)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kemenkeu Perketat Aturan Pajak Mobil Mewah
TVONE NEWS - 25 hari lalu