Museum Ini Memajang Motor Setan

Sepeda motor Silkyr-Rott Satan
Sumber :
  • 100kpj

VIVA – Saat merancang sepeda motor model baru, banyak hal yang harus diperhitungkan oleh produsen. Mulai dari tren dan model yang disukai konsumen, hingga spesifikasinya.

Hal lain yang tak kalah penting, adalah pemilihan nama. Sebab, nama sangat berpengaruh pada citra dari produk tersebut. Umumnya, nama produk disesuaikan dengan konsepnya.

Namun, terkadang ada saja produsen yang memilih nama unik. Tidak jarang, gara-gara nama tersebut produk menjadi kurang laku di pasaran.

Seperti yang dialami oleh pabrikan sepeda motor asal Ceko, Silkyr-Rott. Dilansir dari 100kpj, Selasa 16 April 2019, perusahaan tersebut pada era 1930-an merakit sepeda motor yang diberi nama Satan. Dalam Bahasa Indonesia, nama itu berarti setan.

Satan dirancang khusus, agar bisa dikendarai di jalanan yang ada di Kota Praha. Zaman itu, Praha masih menjadi salah satu kota yang infrastrukturnya buruk. Sehingga, penduduk membutuhkan kendaraan yang kuat dan bisa diandalkan.

Mesinnya memiliki spesifikasi satu silinder dan berkapasitas 540cc. Menggunakan transmisi manual empat percepatan, motor dapat dipacu hingga kecepatan 90 kilometer per jam.

Sayangnya, produksi Satan hanya berlangsung selama satu tahun. Silkyr-Rott sebagai produsen, mengalami kebangkrutan, setelah krisis ekonomi melanda Eropa Timur.

Namun, mereka sempat membuat beberapa unit. Salah satunya, kini dipajang di National Technical Museum, yang ada di Kota Praha. (kwo)