Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 30 Mei 2019 | 11:51 WIB

PCX Bukan Satu-satunya yang Alami Masalah 'Gredek'

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • AHM
Proses produksi motor Honda PCX 150

VIVA – Skuter matik hingga saat ini, masih menjadi sepeda motor yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia. Jumlahnya bisa mencapai 90 persen dari keseluruhan penjualan motor.

Meski demikian, bukan berarti motor santai itu bebas masalah. Salah satunya yang dialami oleh para pemilik Honda PCX 150 rakitan lokal. Mereka mengeluh soal getaran yang terjadi pada saat motor hendak melaju.

Baca Juga

Masalah yang dikenal dengan istilah gredek itu, memang terasa mengganggu. Getaran sangat terasa hingga badan, membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Bahkan, ada satu pengguna yang meminta PT Astra Honda Motor sebagai produsen, untuk melakukan penarikan kembali.

Namun, menurut Chief Marketing Officer Wahana Artha Group, Edi Setiawan, gredek yang bersumber dari transmisi continuous variable transmission bisa terjadi pada seluruh motor bertransmisi otomatis.

Terpopuler

"Sebenarnya, masalah ini sudah lama terjadi, dan semua motor bertransmisi otomatis bisa mengalami hal itu. Hanya saja, tergantung kondisi pemakaian dan rutinitas perawatan,” ujarnya, dilansir dari 100kpj, Kamis 30 Mei 2019.

“Kalau dibiarkan sampai kotor sekali, ya pasti akan gredek, seperti yang baru-baru ini ramai dikeluhkan para bikers. Ini bukan isu baru lagi,” kata dia menambahkan.

Edi menjelaskan, hingga saat ini tidak ditemukan tanda adanya cacat pada saat produksi. Sehingga, ia berkesimpulan bahwa gredek muncul akibat kurangnya perawatan.

"Kita selalu beranggapan, kalau kendaraan yang digunakan belum mengalami masalah, berarti tidak harus melakukan perawatan di bengkel. Padahal, itu adalah hal yang salah,” tuturnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Honda PCX Listrik Resmi, Tapi Kok Enggak Bisa Dibeli?
OTOMOTIF - 7 bulan lalu