Biar Nyaman, Perhatikan Tekanan Angin Ideal untuk Ban Sepeda Motor

Teknisi mengecek rem sepeda motor
Sumber :
  • DAM

VIVA – Ban bisa diibaratkan sebagai alas kaki pada sepeda motor. Sebab, karet bundar ini menjadi tumpuan utama kendaraan roda dua saat dikendarai di jalan raya. 

Meski hanya berisikan angin di dalamnya, ban juga menjadi salah satu penentu kenyamanan bagi pengendara sepeda motor. Tekanan angin di dalam ban harus disesuaikan dengan jenis sepeda motor. Jika tekanan angin terlalu keras, maka pengendara 'bantingan' motor tersebut akan terasa keras dan tidak nyaman.

Dilansir dari 100kpj.com, Selasa 4 Juni 2019, ada ukuran tekanan angin ideal yang berlaku bagi tiap-tiap model sepeda motor, baik skutik, bebek, dan jenis sport.

Untuk sepeda motor jenis skuter matik atau skutik, tekanan angin ban yang ideal adalah 28 hingga 30 psi. Saat berkendara sendiri, tekanan angin ban yang aman cukup 28 psi, sementara saat berboncengan atau membawa beban berat 30 psi. Untuk ban belakangnya, tekanan angin idealnya 31-33 psi.

Pada sepeda motor bebek, tekanan angin yang dianjurkan sekitar 29 hingga 30 psi pada ban depan. Sementara pada ban belakang bisa diisi angin 31 sampai 33 psi. 

Kendaraan roda dua jenis motor sport, dianjurkan tekanan angin ban depan sekira 32 sampai 34 psi dan pada roda belakang antara 39-41 psi. (ren)