Empat Komponen yang Wajib Diperiksa Jika Klakson Motor Mati

Klakson Motor
Sumber :
  • Suzuki

VIVA – Setiap motor dibekali klakson, suara yang dihasilkan menjadi tanda agar pengendara lain atau objek sekitar tahu keberadaan Anda. Klakson biasa digunakan saat ingin menyalip, atau berbelok. Maka jika klakson mati, potensi kecelakaan cukup besar. Terlebih saat memacu kecepatan tinggi di jalan raya yang kosong, dan tiba-tiba ada orang atau binatang menyebrangi jalan.

Artinya meski bentuknya kecil, fungsinya cukup vital. Melansir website resmi Suzuki Indonesia, Sabtu 29 Juni 2019, ada empat komponen yang jadi penyebab utama klakson mati.

Yang pertama aki, karena sumber kelistrikan. Ciri-ciri aki mulai soak, suara klakson melemah bahkan mati, namun lampu motor akan tetap menyala meski redup.

Lalu kabel, biasanya kabel klakson ada dua yaitu untuk kelistrikan dan massa. Jika salah satu terlepas, otomatis fitur yang biasanya ditekan tersebut tidak akan berbunyi.

Selain itu cek baut platina, baut yang letaknya di belakang klakson itu jarang menjadi penyebab matinya klakson. Namun jika posisi baut berubah, akan mempengaruhi kinerja klakson.

Caranya buka mur pengunci baut dengan tang, kemudian putar baut tersebut agar posisinya kembali presisi. Saat proses tersebut, dibarengi dengan penekanan tombol klakson.

Terakhir periksa sakelar yang ada di setang. Fungsi sakelar bisa terganggu jika ada kotoran atau karat yang menempel, maka berihkan pakai amlas halus atau cairan anti karat.