Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 12 Juli 2019 | 08:33 WIB

Empat Kota Keluarkan Larangan Naik Sepeda Motor, Biang Masalah

Team VIVA »
Toto Pribadi
Foto :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Larangan Sepeda Motor sempat berlaku di beberapa ruas jalan Kota Jakarta.

VIVA – Apa jadinya jika Jakarta melarang keberadaan sepeda motor sebagai alat transportasi? Jelas akan mendapat tentangan keras mengingat populasi pengguna motor sangat banyak. Namun ada beberapa kota yang ternyata memberlakukan sepenuhnya hal ‘ganjil’ tersebut.

Dilansir 100kpj dari berbagai sumber, tercatat ada empat kota yang ternyata mengharamkan sepeda motor lalu lalang di jalanan. Ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, menjadi yang terkini memberlakukan larangan tersebut.

Baca Juga

Kota besar di Ethiopia tersebut menyusul tiga kota lainnya. Tiga kota di Nigeria yakni Lagos, Abuja, dan Port Harcourt lebih dulu mengharamkan moda transportasi roda dua. Jakarta sendiri sempat memberikan larangan motor melintas untuk beberapa jalan protokol.

Pihak berwenang di Addis Ababa menganggap keberadaan motor lebih banyak merugikan dibandingkan manfaatnya. Sebab, motor dituding menjadi sumber tingginya angka kecelakaan hingga menjadi alat untuk melakukan tindakan kriminal seperti perampokan.

Terpopuler

Larangan tersebut memang tanpa kritikan. Selain dari produsen motor, beberapa perusahaan terutama yang bergerak dalam jasa pengiriman dan makanan cepat saji merasa dirugikan. Pasalnya, motor menjadi moda yang paling efektif dan irit biaya.

Terlepas dari pro dan kontra yang muncul, yang menjadi pertanyaan selanjutnya apakah angka kecelakaan dan tindakan kriminal akan benar-benar turun?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Halo Jogja! Om Pablo Jalan-jalan ke Kustomfest 2018
OTOMOTIF - 11 bulan lalu