Motor Listrik Terbaru dari Viar Debut di GIIAS, Harga Rp18 Jutaan

Viar Q1 edisi terbaru.
Sumber :
  • VIVA/Farhan

VIVA – PT Triangle Motorindo selaku agen tunggal pemegang merek Viar di Tanah Air resmi meluncurkan skuter listrik New Viar Q1 di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang Selatan.

Skutik tenaga setrum hasil penyempuraan versi Q1 terdahulu itu masih mengusung garis desain yang sama, dengan sentuhan retro di bagian depan. Hal itu bisa terlihat dari sepatbor yang dibuat lebih gemuk dan melebar.

Selain itu, New Viar Q1 juga sudah ditanamkan sepasang baterai Lithium-ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V23AH. Sehingga, jika keduanya terisi penuh, sepeda motor bisa dipacu hingga menempuh jarak 120 kilometer.

Menurut Marketing Communication PTTM, Franky Osmond, kehadiran New Viar Q1 merupakan bentuk komitmen pabrikan untuk terus melakukan penyempurnaan terkait kendaraan berlistrik.

“Sebenarnya kami menghadirkan New Viar Q1 ini karena masukan dari konsumen yang ingin menempuh perjalanan jauh. Itulah mengapa kami memasangkan dua baterai, supaya dayanya lebih besar. Karena Q1 versi lama kan hanya bisa menempuh 60 kilometer, untuk jalan di Jakarta, sepertinya kurang cukup,” terangnya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat malam, 19 Juli 2019.

Soal fitur, skuter listrik bertubuh mungil itu telah dilengkapi panel instrumen digital yang memuat informasi mengenai kendaraan. Kemudian tertanam juga teknologi alarm keamanan, yang memungkinkan ban belakang terkunci ketika sirene berbunyi. Lalu ada smart key on, yang membuat pengendara lebih mudah menyalakan sepeda motor, hanya dengan menekan tombol di remot kendali.

New Viar Q1 menggunakan penggerak motor tipe brushless-hub buatan Bosch yang memiliki keluaran tenaga 800 watt. Pembekalan mekanis itu membuat motor bisa menyentuh kecepatan maksimal 60 kilometer per jam.

Skuter listrik terbaru Viar itu akan hadir dengan satu pilihan warna, yakni creamy white. Soal harga, skuter ini dibanderol di angka Rp18,9 juta, on the road Jakarta. (ase)