Pakai Rangka Sama, Bisakah Honda PCX Pakai Bodi ADV 150

Honda ADV 150 meluncur di GIIAS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Indra

VIVA – Bukan hanya mesin, kesamaan ADV dan PCX 150 juga terletak di bagian rangka kendaraan. Hal itu membuat banyak kalangan menduga-duga, jika kedua model tersebut bisa saling bertukar lapisan tubuh, atau bodi.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno menyatakan, pertukaran itu sebenarnya memungkinkan, namun membutuhkan upaya dan biaya besar. Sebab, agar bodi terpasang sempurna di model lainnya, perlu adanya pergantian pada komponen pendukung.

"Kalau pertanyaannya bisa atau tidak, tentu bisa. Tapi terlalu memaksa, karena ada banyak komponen yang tidak sama," kata Endro di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin 22 Juli 2019.

"Misalnya seperti dudukan bodi cover, dudukan shock, dudukan kabel, kemudian bagian lampu dan suspensi belakang juga berbeda. Jadi repot juga, kan?" sambungnya.

Endro sempat berkelakar, satu-satunya cara paling mudah menyulap PCX 150 menjadi ADV, adalah dengan melakukan transaksi tukar-tambah di diler terdekat.

"Karena konsep keduanya kan berbeda, jadi komponen yang tertanam di dalamnya juga tidak sama. Sudah disesuaikan oleh pabrikan sejak awal. Jadi kalau memang tertarik sama PCX, kenapa harus membeli ADV (untuk diubah menjadi PCX)?" tutup dia.