Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 25 Juli 2019 | 11:33 WIB

Keren, Panelmeter ADV 150 Bisa Baca Suhu Luar Ruangan

Team VIVA »
Rendra Saputra
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • VIVA/Rendra Saputra
Panelmeter Honda ADV 150.

VIVA – Honda melahirkan skutik petualang ADV 150 dengan sejumlah kelebihan. Selain pembekalan suspensi sub tank agar motor bisa stabil di tikungan ekstrem, motor yang diproduksi di Indonesia untuk pasar global ini juga dibekali panemeter canggih.

Fitur tersebut adalah panel temperatur yang memuat informasi mengenai suhu luar ruangan terkini. Fitur unik ini tentu jarang digunakan skutik di kelas yang sama.

Baca Juga

Pengukuran temperatur di ADV 150 mulai dari minus 10 derajat sampai 50 derajat celsius. Jika suhu -10 derajat, maka tampilan menunjukan garis strip, sedangkan di 50 derajat, panel akan berkedip-kedip, pertanda jika kondisi luar ruangan terlalu panas.

"Nah, kalau suhu minus tiga derajat, maka akan muncul simbol atau visual salju di panel. Karena ini kan produk global, maka dibuat seperti itu. Jadi bisa digunakan di seluruh dunia," ungkap Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno di ICE BSD, Tangerang.

Terpopuler

Endro menambahkan, pengukuran suhu tersebut menggunakan sensor yang terletak di bagian kanan bodi sekitar lampu depan. "Sengaja dipasangkan di bagian itu karena paling bebas, dan tidak terganggu dengan yang lain," ujarnya.

Sebenarnya, pengadaan fitur tersebut boleh dibilang tidak biasa. Sebab, sejauh ini pengukur suhu di sepeda motor hanya memuat informasi mengenai temperatur mesin, bukan kondisi luar ruangan. Ditanya mengenai hal itu, Endro memberikan penjelasan.

"Mungkin karena produk ini nantinya dipasarkan secara global, sehingga dipasangkan fitur seperti itu. Lagipula, konsepnya sendiri kan petualang, jadi pasti akan digunakan di berbagai medan. Tentu temperatur menjadi sangat berfungsi," tutup dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Oprek Honda ADV 150, Canggih Bikin N-Max Ketar-ketir
OTOMOTIF - sekitar 1 bulan lalu