Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 25 Juli 2019 | 12:46 WIB

Honda Genio Pakai Oli Sedikit Banget, Bikin Mesin Cepat Panas?

Team VIVA »
Rendra Saputra
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • VIVA/Septian Farhan
Honda Genio

VIVA – Honda baru-baru ini merilis skutik terbarunya bernama Genio. Skutik 110cc dengan tampilan mirip-mirip Scoopy itu memiliki harga jual Rp17,2 sampai Rp17,7 jutaan on the road Jakarta.

Ada hal yang paling menarik seputar Genio, yakni kapasitas oli mesin yang ditelannya. Karena menurut data, cuma membutuhkan 650 mililiter pelumas saja.

Baca Juga

Hal itu tentu berbeda dengan skutik bermesin 110cc pada umumnya, yang membutuhkan sekira 800 mililiter oli.

Terkait hal ini, Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno angkat suara. Kata dia, hal ini lantaran mesin yang digendong Genio benar-benar baru, sehingga berbeda dengan mesin 110cc lainnya, semisal BeAT atau Scoopy.

Terpopuler

Meski demikian, dia memastikan oli sedikit tersebut tak bakal berpengaruh pada performa, termasuk membuat mesin cepat panas.

"Walau volume olinya sedikit, tapi pelumasan komponen mesin dijamin tetap maksimal. Ini kaitannya dengan lay out new engine yang compact," kata dia di ICE, BSD, Tangerang.

Penjelasannya, semua masih berkaitan dengan layout mesin baru yang kompak, jadi area ruang lebih kecil. Sehingga volume oli juga lebih sedikit. Tetapi, karena penguapan dan sirkulasinya diklaim sangat baik, sehingga tak mempengaruhi performanya. "Mesin pun enggak mudah panas," tambahnya.

Namun, kata Endro, masih ada satu hal lagi yang belum banyak orang tahu terkait penggunaan pelumas di Honda Genio.

"Motor ini kan kapasitas olinya 0,65 liter, sementara yang banyak dijual 0,8 liter dan satu liter. Masih ada saja yang asal tuang sampai ruang pengisiannya terlalu penuh. Padahal, kalau ruang untuk udara kurang, bisa mempengaruhi shield, mesin jadi berat," kata dia.

Ia juga menambahkan, apabila hal itu sudah kadung terjadi, pemilik Genio bisa kembali mengeluarkan oli, dan menuangkannya lagi sesuai takaran yang dianjurkan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ngerjain Glory Jadi SPG, Hasilnya Gak Nyangka!
OTOMOTIF - sekitar 1 bulan lalu