Dijual Rp65 Juta, Motor Honda ini Pakai Mesin Supra X 125

Honda Monkey.
Sumber :
  • AHM

VIVA – Setelah beberapa kali hanya dipamerkan, akhirnya motor mungil Monkey resmi dijual di Indonesia. PT Astra Honda Motor sebagai agen pemegang merek, mendatangkannya langsung dari Thailand.

Dilansir dari 100kpj, Senin 29 Juli 2019, Monkey terbaru masing mengusung desain yang mirip dengan edisi pertama, yang hadir 58 tahun lalu. Bodinya tetap dibuat mungil, namun kini diberi sentuhan teknologi canggih.

Contohnya, panel instrumen dibuat bulat dan menunjukkan kondisi motor dalam wujud digital. Selain itu, Honda juga menanamkan answer back system, yang bisa dimanfaatkan untuk mencari lokasi motor di parkiran.

Karena statusnya didatangkan secara utuh, tidak mengherankan jika banderol Monkey di Tanah Air mencapai Rp65 juta, dengan status on the road Jakarta. Uniknya, mesin yang dipasang sudah lebih dulu menjadi legenda di Indonesia.

Technical Service Division AHM, Endro Sutarno mengatakan, Monkey yang dijual saat ini menggunakan mesin yang sama dengan Supra X 125 FI.

“Spesifikasi mesin Monkey yakni 52,4 x 57,9 milimeter, sama persis dengan Supra X 125. Untuk rasio kompresinya, Monkey itu 9,3 banding satu,” ujar Endro.

Baik Monkey maupun Supra X 125 juga memakai injektor bahan bakar yang sama, yakni lubang enam. Meski demikian, ternyata performanya berbeda.

“Semburan injektor Supra X 125 lebih besar. Jadi, tenaganya lebih besar 0,7 daya kuda. Tapi, bodi Monkey kan kecil, jadi tarikannya ya sama saja,” ungkap Endro. (ren)