Gila, Beli Motor Baru Honda Harus Inden Lama

Honda Genio
Sumber :
  • VIVA/Septian Farhan

VIVA – Sepeda motor Genio resmi mengaspal di Indonesia, pada Juni 2019. Motor jenis skuter matik buatan PT Astra Honda Motor itu hadir dalam dua varian, dan dirancang menggunakan rangka baru.

Diberi nama enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF, rangka tersebut membuat bobot Genio lebih ringan delapan persen dari skuter matik sejenis.

Tak seperti Scoopy atau BeAT, desain Genio cenderung kotak, termasuk di bagian lampunya. Hadirnya rangka baru, diklaim menjadikan pengendalian lebih baik.

Saat peluncuran, Genio versi Combi Brake System ditawarkan dengan harga Rp17,2 juta, dengan status on-the-road Jakarta. Sementara, varian CBS-ISS dipatok Rp17,7 juta.

Namun, seorang wiraniaga diler Honda mengatakan, ada kenaikan harga sebesar Rp56 ribu untuk dua versi tersebut. Tak hanya itu, konsumen juga tidak bisa langsung membawa pulang motor, meski membayar dengan sistem tunai.

"Inden satu sampai dua bulanan. Stok di diler terbatas, yang ada hanya untuk pajangan saja," ujar tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya itu, dilansir dari 100kpj, Rabu 31 Juli 2019.

Sebagai informasi, Genio menggunakan pelumas mesin dengan kapasitas yang lebih sedikit dari skuter matik pada umumnya. Jika model lain bisa diisi oli hingga 0,8 liter, maka Genio hanya 0,65 liter.

Salah satu fitur unggulan motor tersebut, yakni tersedianya soket pengisian daya gawai. Demi keamanan, AHM meletakkan soket tersebut di bagasi. (kwo)