Buset, Penjualan Motor 5 Kali Lipat dari Mobil

Pameran sepeda motor IMOS 2016.
Sumber :
  • API Event

VIVA – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi andalan di Indonesia. Harganya yang terjangkau dan bisa dibeli dengan cicilan ringan, membuat peredaran kuda besi itu semakin banyak.

Setiap tahun, tidak kurang dari lima juta unit motor baru diproduksi dan dikirim dari pabrik ke diler. Pada kuartal pertama tahun ini, angkanya bahkan sudah menyentuh tiga juta unit. Seperti dilansir dari laman resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, Rabu 31 Juli 2019.

Mulai Januari hingga Juni, jumlah motor yang dikirim ke diler tercatat 3.226.619 unit. Angka itu naik 7,4 persen atau lebih dari 200 ribuan unit dari pencapaian tahun lalu, yang diketahui sebanyak 3.002.753 unit.

Jika dibandingkan dengan penjualan mobil yang hanya 481 ribuan unit sepanjang periode tersebut, maka populasi sepeda motor baru lima kali lebih banyak.

Pada Juni tahun ini, distribusi motor dari pabrik ke diler berada di level terendah, yaitu hanya 385.136 unit. Hal yang sama juga terjadi pada tahun lalu, yang disebabkan oleh bertepatan dengan perayaan Idul Fitri.

Jika perolehan di kuartal kedua tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, maka bisa dipastikan penjualan motor di 2019 menembus angka 6,5 juta unit. Ini akan menjadi kabar baik bagi para produsen, setelah pada 2016 dan 2017 jumlah motor yang diedarkan tidak berhasil mencapai angka enam juta unit.

Sebagai informasi, Honda belum lama ini meluncurkan dua produk baru di segmen skuter matik. Genio resmi dibuka selubungnya pada akhir Juni, dan saat ini konsumen yang hendak membeli harus inden selama dua bulan.

Sementara itu, Honda ADV150 baru saja diperkenalkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun ini. Selama 11 hari dipajang, peminatnya hampir menyentuh angka dua ribu unit. (kwo)