Ngojek Pakai PCX Listrik, Enggak Perlu Repot Cas Baterai

Honda PCX Electric.
Sumber :
  • Dok: Honda

VIVA – Gojek bekerja sama dengan PT Astra International Tbk, mulai menguji coba penggunaan sepeda motor listrik untuk mitranya. Kuda besi yang dipilih adalah PCX Electric, yang disediakan oleh PT Astra Honda Motor.

Chief Operations Officer Gojek, Hans Patuwo menjelaskan, PCX listrik hanya diberikan pada mitra terpilih saja. Lokasinya baru dipusatkan di Jakarta.

Namun, ternyata mereka juga sedang melakukan riset tersebut di Bandung, Jawa Barat. Dilansir dari akun Facebook milik Dani Septiar Deni, Rabu 7 Agustus 2019, sang pemilik akun mengaku menjadi salah satu mitra Gojek yang dipilih untuk uji coba motor listrik.

“Alhamdulillah, saya diberikan kepercayaan mencoba PCX Electric oleh PT HPP Energy Battery di wilayah Bandung,” tulisnya di unggahan itu.

Dani mengaku, motor bisa disewa selama kurang lebih dua tahun. Biaya sewa per bulan yakni Rp1,15 juta, atau sekitar Rp38 ribuan per hari. Ia dibebaskan dari biaya servis dan pengecasan baterai. Bahkan, ia juga mendapat asuransi gratis.

“Kecepatan maksimalnya 100 kilometer per jam. Jarak tempuhnya 60 kilometer. Untuk di dataran tinggi juga sepertinya enggak masalah, meskipun bobot PCX Electric lebih berat dari PCX biasa” kata dia.

Dani menjelaskan, dirinya tidak dibebankan biaya pengisian baterai, karena ia hanya perlu melepas baterai yang telah habis, dan menggantinya dengan yang sudah terisi penuh.

“Penyedia baterai ada di beberapa titik, seperti di pom bensin, Alfamart, Indomaret, dan diler Honda. Dapat dipesan dan dikirim. Untuk di Kota Bandung, baru ada 11-13 titik penyedia layanan penggantian baterai,” ujarnya.