Motor Legendaris Milik Soeharto Kembali Mengaspal

Soeharto mengendarai motor gede
Sumber :
  • Koleksi Keluarga Soegiono/ Buku 'Pak Harto, The Untold Stories'

VIVA – Ada satu hal unik dari jajaran orang yang sedang atau pernah menjadi Presiden Indonesia. Empat di antaranya ternyata penggemar sepeda motor, yakni Soekarno, Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo.

Bicara soal Soeharto, salah satu tunggangan kesayangannya adalah sebuah Harley-Davidson model sespan. Motor gede berkelir hijau itu jenisnya Road King lansiran 1995. Hal itu diketahui melalui pelat nomor B 4712 H, yang masih teregistrasi di Samsat Polda Metro Jaya.

Nah, baru-baru ini motor tersebut kembali muncul di media sosial. Darma Mangkuluhur Hutomo sebagai cucu Soeharto, mengunggah foto kuda besi itu di akun Instagram miliknya, dilansir Sabtu 10 Agustus 2019.

“Eyang... aku pinjem sepeda motor nya ya,” tulis putra sulung Hutomo Mandala Putra itu.

Dari foto yang diunggah, tampak kondisi motor berkelir hijau itu masih sangat mulus. Kondisi sespan juga terlihat terawat, bahkan bannya tampak bersih dan kinclong.

Menurut data yang ada di Samsat Polda Metro, Road King tersebut mengusung mesin berkapasitas 1.340cc. Pajak yang harus dikeluarkan per tahun, mencapai Rp1,98 jutaan. Nilai jual motor itu saat ini, sesuai yang tercantum di data adalah Rp95 juta.

Sayangnya, keluarga Soeharto rupanya belum membayar pajak moge itu untuk tahun ini. Terlihat, ada denda yang harus dibayar, karena mengalami keterlambatan pembayaran. Nilai dendanya sekitar Rp360 ribu.